1775064462
Loading...

MENINGKATKAN BRAND IMAGE SEMARANG DENGAN CITY BRANDING

City branding refers to all the activities that are undergone with the purpose of turning a City from a location into a destination (Wikipedia)

Di posting ini kita bahas tentang City Branding, bahasanya sebenarnya menarik, tetapi di dunia maya banyak menulisnya dengan bahasan yang susah. Apalagi yang menerangkanya penguasa kota, bikin pusing. City Branding sebenarnya pekerjaan wajib Pemerintah bersama stakeholdernya.

Namun apa daya, di Indonesia Pemerintah Kotanya masih memilih kegiatan seremonial yang hampir sama dilakukan setiap tahunya. Padahal efek dari City Branding bisa membuat nama lebih terangkat dan aset kota menjadi lebih produktif.

best city branding city branding case studies city branding definition place branding examples city logos examples successful city marketing campaigns successful city branding city branding strategy Place & City Brand Examples City Logo city branding campaigns Success Stories in City Branding Place branding city branding examples Examples of Place Brand Strategy Brand Development Regions Branding Countries Branding Destinations City Branding  City Branding Case Studies  wisata semarang semarang nightlife semarang tourism semarang map kuliner semarang sejarah semarang xxi semarang great mosque of central java Semarang travel guide PEMERINTAH KOTA SEMARANG Best of Semarang, Indonesia Tourism KOMUNITAS DI SEMARANGTugu Muda Semarang by Shutterstock

Bahasan City Branding ini saya dapatkan saat mengikuti kegiatan Rembug Online Bareng (ROB) Jateng. Jadi para admin sosmed se-Jateng yang followernya hampir puluhan hingga ratusan ribu berkumpul membahas program anak sosmed demi kemajuan dan pemberi informasi aktual dan cepat di Jateng.

APA ITU CITY BRANDING?
Sebenarnya sudah banyak kok kota yang mulai berbenah. Sadar akan potensi yang dimilikinya baik dari wisata, landskap kota, produksi daerah dan keunikan kota lainya, kini city branding akan menjadi kenyataan.

Pernah dengar Solo the Spirit of Java, Kota Wisata Batu, Sparkling Surabaya, Enjoy Jakarta, Pekalongan the World City of Batik?. Ada juga yang lebih luas jangakaunya seperti Iamterdam, Madrid About You, Uniquely Singapore, Malaysia Truly asia dan masih banyak lagi.
 
best city branding city branding case studies city branding definition place branding examples city logos examples successful city marketing campaigns successful city branding city branding strategy Place & City Brand Examples City Logo city branding campaigns Success Stories in City Branding Place branding city branding examples Examples of Place Brand Strategy Brand Development Regions Branding Countries Branding Destinations City Branding  City Branding Case Studies  wisata semarang semarang nightlife semarang tourism semarang map kuliner semarang sejarah semarang xxi semarang great mosque of central java Semarang travel guide PEMERINTAH KOTA SEMARANG Best of Semarang, Indonesia Tourism KOMUNITAS DI SEMARANG
CIty Branding By Dekstopmag

Usaha pemerintah setempat dengan membuat slogan serta logo kotanya merupakan usaha untuk meningkatkan branding kota. Secara sederhana, branding adalah alat yang dapat digunakan oleh kota untuk mendefinisikan diri mereka sendiri dan menarik perhatian positif di tengah-tengah banjir informasi internasional. Namanya juga branding, memang harus beda dong. 

Baca Juga: Mengenal Elemen Merek
 
Sayangnya ada kesalahpahaman umum bahwa merek hanyalah sebuah
strategi komunikasi, tagline, identitas visual atau logo. Masih banyak lagi instrumen penunjang yang lain, semisal memikirkan proses strategis untuk pengembangan visi jangka panjang, membuat tempat yang relevan & nyaman buat pengunjung kota. Pada akhirnya semua itu mempengaruhi persepsi positif.
 


Tahun 2006 saat masih kuliah dulu, Semarang pernah mengusung tagine The Beauty of Asia. Namun keberadaanya tidak berhasil. Terpaan media mengenai City Branding memiliki kecenderungan tidak mendukung pemilihan tagline.

Keberadaan Semarang saat itu masih terlalu memaksakan, insfrastruktur yang kurang memadai, informasi yang terkesan dadakan mengharuskan ada tinjauan lagi dalam mengusung "The Beauty of Asia".

Baca Juga: Desain Grafis Sebagai Alat Visual Marketing

Lebih jelasnya Apa itu City Branding (Semarang), bisa dilihat di slide di bawah. Disampaikan oleh Mas M. Hafidullah, Marketing Director PT. Rwe Bhinda Jakarta.


THINK 3115647769710555675

Post a Comment

  1. aku nunggu city branding Rembang mas.. Biar nanti pas ke Rembang gak bingung tempat ndi sing dikunjungi.. :D

    ReplyDelete
  2. Waduh baru tahu nih...
    makasih banyak mas atas postinganya.
    Btw kayaknya blognya mas whizis udah ganti template ya? :D

    Dulu nggak kayak gini, hoho

    ReplyDelete
  3. Akhirnya diposting jugaaaa... :D

    ReplyDelete
  4. Duh jadi kangen ke Semarang lagi nih gegara baca postingan ini, hehe... Semoga dengan peningkatan dan pemaksimalan city branding, warga masyarakat jadi bisa mengenal Semarang lebih dekat :)

    ReplyDelete
  5. Di branding kayak Jogja Istimewa...

    ReplyDelete
  6. Brandingnya cuma tahu "Kosa Wisata Batu" karena kebetulan tinggal di Malang =D

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

DO WHIZ IT!