1775064462
Loading...

DESAIN GRAFIS SEBAGAI ALAT VISUAL MARKETING (1)

Sesuai janji di posting sebelumnya, saya akan membahas materi “Graphic Design Untuk Marketing” (per slide) yang saya sampaikan di Talkshow Creative Design kemarin.

Kalau hanya slide saja tanpa pembahasan, kemungkinan kurang asik.  So, mari mulai dengan dasar desain grafis, selanjutya mengarah ke visual marketing.

1. Desain Grafis ada di sekitar kita


lowongan desain grafis semarang, victorious design semarang, perusahaan desain grafis di semarang, jasa desain logo semarang,  Penggiat Desain Grafis, Jasa Desain Brosur di Semarang, jasa design grafis semarang, Jasa Pembuatan Desain Logo, Desain Grafis di Semarang, desain grafis murah Semarang, jasa pembuatan desain iklan Semarang, Desain Grafis di Kota Semarang,bikin logo,harga jasa desain logo, jasa desain grafis, desain logo perusahaan, jasa desain brosur,jasa buat logo,harga jasa, desain logo murah dan bagus, jasa desain logo gratis CARA MEMPROMOSIKAN JASA DESAIN GRAFIS CARI JASA DESAIN GRAFIS CONTOH JASA DESAIN GRAFIS CONTOH PROPOSAL JASA DESAIN GRAFIS CONTOH PROPOSAL PENAWARAN JASA DESAIN GRAFIS CONTOH SURAT PENAWARAN JASA DESAIN GRAFIS DAFTAR HARGA JASA DESAIN GRAFIS DESAIN MURAH HARGA JASA PEMBUATAN DESAIN GRAFIS
 
Pernah merenung tidak, kalau benda yang kita gunakan sebenarnya tidak muncul begitu saja, melainkan memang didesain sesuai kebutuhan?

Mari kita runtut artian desain dulu. Desain bisa jadi sebagai kata kerja (verb) yang berarti serangkaian proses untuk menciptakan sesuatu. Nah hasil dari proses itu bisa jadi sebuah produk (desain), yang ini lebih mengacu sebagai kata benda (object). 


Baca Juga: Belajar Digital Marketing Bersama Syafiq Pontoh

Kalau coba kita gabungkan artian keduanya. Benda apapun yang kita gunakan memang diproses untuk sebuah fungsi, tetapi tidak meninggalkan sisi artistiknya.

Beruntung kita hidup di dunia yang amat visual. Benda yang kita gunakan sudah dirubah sedemikian rupa supaya berguna dan tentunya menarik untuk dimiliki.

2. Kombinasi Ide+Komunikasi+Gambar


lowongan desain grafis semarang, victorious design semarang, perusahaan desain grafis di semarang, jasa desain logo semarang,  Penggiat Desain Grafis, Jasa Desain Brosur di Semarang, jasa design grafis semarang, Jasa Pembuatan Desain Logo, Desain Grafis di Semarang, desain grafis murah Semarang, jasa pembuatan desain iklan Semarang, Desain Grafis di Kota Semarang,
 
Semisal kamu menemukan brosur. Gambarnya keren banget, tapi arah komunikasinya kurang tepat, gimana dong? 


Mau tidak mau harus dirubah lagi tuh konsep visualnya. Ingatkan kalau desain grafis itu tidak melulu visual yang keren selangit. Gambar jepretan kamera non profesional lalu ditambah sedikit copywriting yang menggelitik bisa jadi sebuah komunikasi visual.  

Baca Juga: Mengenal Elemen-Elemen Merek

Etapi masak iya hanya copywriting-nya saja yang asik, tapi visualnya ndak bagus. Sebisa mungkin keduanya harus melengkapi. Rugi dong kalau dilihat calon kustomer kita. Namanya juga ingin memperngaruhi persepsi calon kustomer.


Nah sudah ada gambaran kan, bahwa Desain Grafis itu kombinasikan antara seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan ide melalu visual. Sip deh kalau sudah tau.


3. Si Mbah Dwiggin

JASA DESAIN GRAFIS DI BANDAR LAMPUNG JASA DESAIN GRAFIS DI BANDUNG JASA DESAIN GRAFIS DI BOGOR JASA DESAIN GRAFIS DI JAKARTA JASA DESAIN GRAFIS DI JAKARTA TIMUR JASA DESAIN GRAFIS DI PALEMBANG JASA DESAIN GRAFIS DI SEMARANG JASA DESAIN GRAFIS DI SURABAYA JASA DESAIN GRAFIS DI TANGERANG JASA DESAIN GRAFIS DI YOGYAKARTA JASA DESAIN GRAFIS FREELANCE JASA DESAIN GRAFIS GRATIS JASA DESAIN GRAFIS GRESIK JASA DESAIN GRAFIS HARGA JASA DESAIN GRAFIS INDONESIA JASA DESAIN GRAFIS JAKARTA JASA DESAIN GRAFIS JAKARTA BARAT JASA DESAIN GRAFIS JAKARTA SELATAN JASA DESAIN GRAFIS JAKARTA TIMUR JASA DESAIN GRAFIS JOGJA
 
Nama lengkapnya William Addison Dwiggin. Beliaulah seorang pelopor “Desainer Grafis”. Dwiggin menciptakan sebutan Desainer Garfis untuk meggambarkan kegiatanya di bidang media cetak di tahun 1922.

Sejak saat itulah sebutan Graphic Designer mulai terdengar. Si Mbah jabrik nan nyentrik ini sudah terbiasa dengan desain buku, ilustrasi, tipografi, lettering dan kaligrafi. Kalau kamu senang mengulik font, pasti kamu kenal Caledonia (Serif). Font itulah yang menjadi karyanya.


4. Desain Komunikasi Visual (DKV)

DESAIN GRAFIS, MULTIMEDIA DESAIN, DESAIN GRAFIS BINUS, KOMUNIKASI MEDIA, JASA DESAIN GRAFIS, JASA DESAIN LOGO PERUSAHAAN
 
Bingung antara Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual?

Dont worry… keduanya hanya penggunaan istilah yang berbeda saja. Desain Grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual dan seni yang menyampaiakn informasi atau pesan kepada calon konsumen.

Kalau Desain Komunikasi Visual hampir sama pengertianya. Namun DKV ini lebih ke arah strategis. Tidak hanya melalu seni namun juga ke arah ekonomi. Seperti bagaimana caranya menciptakan brand, packaging, promo produk di suatu perusahaan. Disitu Desain Komunikasi Visual mampu membantu secara strategik menaikan omset perusahaan melalui branding.


Baca Juga: Sharing "Desain Grafis" Di Prodi Ilmu Keperawatan UNDIP

Di tahun 1970 dan1990 Visual Communication sudah terkenal di benua Eropa dan Amerika.
Sejak tahun 1979, istilah desain komunikasi visual mulai dipakai menggantikan istilah desain grafis. Sampai saat ini banyak universitas yang membuka jurusan DKV. 

5. Media baru Desain Grafis 

DESAIN GRAFIS, JASA DESAIN LOGO PERUSAHAAN, MEDIA KOMUNIKASI, VISUAL KOMUNIKASI, WEB DESIGN, GAME
 
Di jaman Mbah Dwiggin, media desain hanya sebatas cetak. Pesatnya teknologi menembah media baru yaitu Digital.

Saat ini Media Digital merajai, bahkan hampir melibas media konvensional. Media lama pun mulai memasuki ranah ini dengan membuat konten ke arah digital. Ini artinya peluang konunikasi digital juga sangat diperlukan.

Diantara media baru Komunikasi Visual seperti 3D, Animasi-Game dan Web Desain dan aplikasi.
 

Yup...
Bersambung di posting berikutnya. Tentunya lebih asik dalam membahas Desain Grafis sebagai alat Visual Marketing. 

Referensi:
Surianto Rustan. Bisnis Desain, Gramedia, 2015
Lia Angggraini S. Desain Komunikasi Visual, Nuansa Candekia, 2014
THINK 1547841664299298216

Post a Comment

  1. Makasih ya atas pencerahannya mas Wijayanto, kapan nih mau berbagi aksi sosial dan pelatihan desain bareng Pramuka Bojonegoro hehehe

    ReplyDelete
  2. Wih, mantep. Keren. Pengin belajar banyak tentang desain grafis nih.

    ReplyDelete
  3. nambah ilmu nih tentang desain grafis.. biasa buat perbaikan postingan ku yang sebelumnya yg masih gak jelas haha makasih mas

    ReplyDelete
  4. Slalu menginspirasi deh baca artikel dari bang whizisme ini :D

    ReplyDelete
  5. Artikelnya bagus mas, mau dong belajar desain grafis, buat blog bagus pasti neh.

    ReplyDelete
  6. Nyimak kelanjutannya ah nanti...

    ReplyDelete
  7. Graphic designer kayaknya harus banyak merenung, biar dapat inspirasi. x)
    btw, desainnya bagus, mas, minimalis tapi ajib. (y)

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

DON'T MISS IT

INSTAGRAM PORTFOLIO
FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email 100% GRATIS