1775064462
Loading...

SHARING DESIGN DI ILMU KEPERAWATAN FK.UNDIP

Pernah saya berpikir bahwa hirarki pendidikan di Indonesia masih membesarkan ilmu eksakta sebagai acuan utama. Kemudian kita tak menghiraukan kegiatan seni, seolah berkesenian larut dalam pelajaran "bergengsi" dan hanya penambah pelajaran saja. 

Kita disusun menjadi prajurit catur yang diatur dengan pameo "Anak IPA itu keren lho. IPS dan Bahasa? Oh No!". Anehnya kok masih ada sampai sekarang.

design presentation, presentasi, design, whizisme, desigN & creativity, design presentation, design for branding, merek, brand jenis jenis desain grafis pengertian desain grafis vektor dan bitmap prinsip desain grafis unsur unsur desain grafis contoh desain grafis pengertian desain grafis menurut para ahli elemen desain grafis kategori desain grafis

Kalau ditelisik lebih dalam, kesemua ilmu (mata pelajaran) akan menjadi berkesinambungan dan menjadi keren jika dilakukan sesuai minat. Rene Suhardono menyebutnya sebagai passion

Sebagai contoh saja di ilmu biologi, dalam visualisasi anatomi perlu adanya orang yang ahli dalam komunikasi visual untuk menjadikanya sebagai gambar informatif. Kesinambungan antara dua ilmu yang berbeda ini akan menjadi sesuatu yang saling melengkapi. 

Baca Juga: Desain Grafis Sebagai Alat Visual Marketing 

Dengan berkesenian akan menjadikan kita lebih berempati, lebih merasakan serta memakai hati dalam semua pekerjaan lainya. So, tidak ada lagi orang yang ahli dibidangnya tapi tidak menjadikan ilmunya mubadzir untuk dirinya sendiri. Benar juga kalau di iklan rokok tertulis tagline "Semua Ada Seninya". 

Beberapa hari kemarin (24/5) saya diundang untuk sharing tentang desain. Sebenarnya saya mulai berpikir saat dihubungi untuk mengisi acara. Hal yang terpikir pertama kali adalah bagaimana supaya presentasi saya bisa menjelaskan dan memahamkan mahasiswa Keperawatan FK. Undip ini dengan bahasan desain.

Seandainya sharing dengan anak-anak DKV  ini akan menjadi lumrah. Karena tentunya mereka sudah mengetahui dasar dari desain kemudian saya hanya mengembangkan saja.

Namun ternyata pandangan saya berbeda. Anak-anak perawat ini justru sudah ada yang bisa membuat desain dengan baik. Ternyata juga mereka mengadakan kompetisi desain bertema Research Keperawatan. So, saya juga didaulat menjadi jurinya seketika itu.

Peserta yang kebayakan cewek ini, Alhamdulillah bisa paham dan antusiasnya tinggi. Saya tahunya ketika sesi fotografi tidak ada yang bertanya. Kemungkinan sudah paham di dunia fotografi atau memang bahasan saya yang perlu banyak ditanya. :)

Jadi ada tiga sesi di acara ini. Fotografi, Desain, Research Metode . Usut punya usut ternyata di Keperawatan itu ada simulasi atau praktek keperawatan, pembelajaranya itu divisualisasikan di depan kelas baik grafis maupun multimedia.

Baca Juga: Visual Branding Sharing di AKBER Semarang

Saya jadi tau ternyata desain tidak hanya diminati oleh anak DKV saja. Namun Desain ini bisa menyeluruh di berbagai aspek. Karena bagaimanapun kata Steve Job "Design Is How It Works" dan tentunya "Everyone is Designer".

Terima kasih KSIK Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Undip telah mengundang dan sharing bersama. Semoga lain waktu bisa sillaturrohim lagi. 

Berikut presentasi saya tentang "How To Make Great Design" (menyusul)
Semoga bermanfaat....
THINK 1537583993695280923

Post a Comment

  1. Waktu saya di Pontianak, ada salah satu SMA yang justru jurusan IPS yang menjadi favorit semua siswa, ini karena mereka sejak SMA sudah memiliki pemikiran langkah ke depannya bagaimana.

    Design saya sepakat, bahwa ilmu apapun itu saling berinteraksi dan dibutuhkan untuk pengembangan bidang lainnya. karena ia akan menguatkan bidang yang kita tekuni.
    Keren juga Kang sampean bisa membagikan ilmu kemanfaatan untuk mahasiswa Undip malah di daulat jadi juri segala.
    eits jadi pingin punya gambar wajah saya di buat karikatur nih (sambil nodong Kang Wijaya wkwkwk kabuuurrr ketahuan Kang nDop)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baca lo kang. Hahaha.. Jasaku kebetulan bukan karikatur. Kalo karikatur biasanya aku lempa ke teman yg lain. Hahaha... Jasaku vector wajah. Loh kok jadi promosi ndik bloge wong. Kabur aaaah...

      Delete
    2. Ya Pakies..ALhamdulillah "Design" semakin dikenal diluar rabah Komunikasi Visual :)
      Oh ya say juga bikin lagi blog ttg karikatur lho :)

      Delete
  2. Asyik wis mulai melanglang buana jadi pembicara. Secara sampean emang pinter dan punya wawasan banyak karena hobi baca, jadi pembicara pun ayo saja.

    Btw, presentasine apik banget. Kelase wis internasional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Opo maneh mahasiswine ehem ehem wkwkwk

      Delete
    2. Alhamdulillah...semoga bisa barokah bagi2 ilmunya :)..Inshalloh Juni aku ngisi lagi di Ma'had Aly... Kampus Pesantren di Sarang...

      Delete
  3. saya SMA jurusan IPA, tapi saya lebih suka pelajaran IPS terutama ekonomi, malahan rasanya ekonomi itu lebih gampang dari pelajaran lainnya, bahkan saya ikut olimpiade sains ekonomi bidang ekonomi padahal saya di kelas IPA...

    selamay ya mas atas terpilihnya jadi juri searching kep[erawatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas..Indah memang kalo berbagi..
      BTW itu juri research Keperawatan lho ..

      Delete
  4. yup betool ..
    pada jamanku dulu jaman jahiliyyah masuk jurusan IPA terbagi 2 FISIKA dan BIOLOGI..
    masuk Fisika berasa keren banget, dan emang orang2 pintar :D
    Mbangganya..!!

    TApi emang lebih enak belajar fisika asalkan mengerti menurutku, dari pada ekonomi yang penuh dengan hafalan hhrrgg.. akuntansi yang ngitung uang orang mulu xixiix :p

    ahh..apapun itu balik lagi tergantung selera dan kemampuan diri sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya teh Hanie..yang penting Yuhui...
      Ini yang punya pasti teteh kan..DEWA SEO?..

      Delete
  5. wah keren gan bentuk slide presentasi desainnya

    ReplyDelete
  6. bisa nih kapan - kapan presentasi desain ke daerah banyuwangi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumonggo..say atunggu undanganya yak...

      Delete
  7. keren visualisasi presentasinya . . . simple padat

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

DON'T MISS IT

FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email 100% GRATIS