1775064462
Loading...

10 HAL WAJIB YANG DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBUAT LOGO


Logo bukanlah sekedar simbol yang statis. Keberadaannya sangatlah penting, karena membawa identitas visual suatu merek. Tanpa identitas, brand akan kehilangan arti yang diusungnya.
Desain logo, logo design, brand logo, branding logo, corporate logo identity
Corporate Logo Design
Untuk meninggalkan kesan yang tertanam di benak konsumen, memiliki sebuah logo adalah keharusan. Logo bisa memiliki kekuatan untuk mewakili semua nilai yang diciptakan oleh suatu brand.

Sebelum kita membahas bagaimana cara medesain sebuah logo, mari kita pahami mengapa logo sangatlah penting. 

Mengapa Logo Sangat Penting? 

Siapapun yang memulai bisnis akan sangat disarankan untuk berinvestasi dalam membuat logo perusahaan. Meskipun beberapa orang gagal menyadari bahwa memiliki logo hanyalah langkah awal untuk membangun identitas merek (brand identity) yang mengesankan.

Logo adalah kunci brand Anda dan apa pun jenisnya atau bisnis yang Anda miliki, penting sekali untuk memiliki sebuah logo yang dirancang secara profesional. Tanpa itu, calon pelanggan tidak akan dapat mengidentifikasi perusahaan Anda, apalagi bersaing dengan perusahaan lain. 

1. Logo adalah sarana identifikasi bisnis 
Kami cenderung menggambarkan brand dengan logo terkait dengan visi dan misi perusahaan. Setiap kali Anda melihat logo dari sebuah brand, pasti Anda akan mengingat keunikan setelah ada interaksi dengan brand itu. Bisa melalui iklan atau sejenisnya. 

2. Logo mendorong pengambilan keputusan konsumen
Kami dapat membuat penilaian tentang produk dan layanan sebuah brand, hanya dengan melihat sekilas dari bentuk logonya. Ini berhubungan dengan pengalaman sebelumnya yang kami miliki dengan brand beserta visualnya.


Jika suatu logo sejalan dengan persepsi atau gambaran perusahaan. Maka logo tesebut dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan konsumen. 

3. Logo mengenalkan brand secara cepat
Kata-kata tidak cukup untuk menyampaikan apa yang ditawarkan suatu brand. Begitu juga kata-kata sulit untuk diingat. Seperti kata pepatah lama, satu gambar lebih bermakna dari 1000 kata. Identitas visual haruslah unik sehingga brand tersebut mudah dan cepat diketahui oleh publik.


4. Logo membuat anda menonjol dari pesaing lain
Logo berkaitan langsung dengan bisnis, layanan dan produk suatu brand. Banyak perusahaan yang menawarkan layanan atau produk yang sama seperti milik Anda, namun yang menjadi pembeda adalah logo serta brand Anda.


Dari sinilah keputusan diambil untuk membuat desain logo Anda lebih mudah diingat dan meninggalkan kesan yang melekat di benak konsumen.

Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mendesain Logo? 


Kita hidup di era serba digital. Media tradisional mulai digantikan oleh digital platform. Keadaan ini menyebabkan agak sulitnya perkembangan bisnis untuk membangun identitas yang terlihat. Bisa jadi karena banyaknya pesaing yang mulai mengarahkan bisnisnya ke arah digital. Kini calon konsumen memiliki banyak pilihan produk, sehingga mereka bingung menentukan pilihan.

Teknik branding tak lagi sebatas pada kartu nama dan stationary saja, banyak sekali hal yang harus diperhatikan untuk manjadi menonjol diantara para pesaing. Sosial media memainkan peran penting dalam mengenalkan brand di platform ini.


Logo akan menjadi salah satu aspek yang sering terlihat. Namun, sebelum membaut desain logo, ada beberapa aturan penting yang harus Anda patuhi.
Berikut adalah 10 hal penting yang harus dipertimbangkan oleh setiap desainer dan klien sebelum memulai proses mendesain logo.


1. Analisa kebutuhan dan sasaran bisnis
Sebelum mendesain logo, Anda harus melakukan riset ekstensif tentang tujuan bisnis Anda. Salah satu caranya bisa melalui menyebarkan, menggali data melalui telepon. Kemudian kumpulkanlah data, untuk dijadikan rujukan membuat tujuan dan konsep brand Anda. Tentunya sesuai juga dengan visi dan misi perusahaan anda.


2. Jangan mengandalkan tren
Tren desain di setiap tahun bisa datang dan pergi. Beberapa tren bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, sedangkan suatu saat juga bisa hilang begitu saja.


Tren logo 2020, trend logo, logo trend 2020, design logo tren, desainer logo

Meskipun penting untuk mengikuti tren terbaru, Anda tidak harus bergantung sepenuhnya untuk mengikuti, karena hal tersebut akan menyebabkan logo Anda mejadi sangat cepat ketinggalan zaman.

Tidak ada yang salah untuk mengetahui tren apa yang lagi hits pada saat ini. Namun, lebih baik lagi jika mengarahkan kemampuan imajinatif dalam memikirkan ide unik Anda. Sehingga logo Anda menjadi benar-benar berjiwa secara visual ataupun makna

3. Buat monochrome dahulu 

Pemilihan warna brand yang tepat sangat penting di awal pembuatan logo. Pilihlah warna yang mewakili brand. Jangan terlalu banyak warna yang akan mengakibatkan tidak fokusnya audience.
 
Black and white logo

Supaya lebih mudah, buatlah warna logo menjadi hitam dan putih dahulu. Setelah memiliki bentuk yang dirasa sesuai, beralihlah ke warna utama. Sebelumnya Anda juga bisa mempelajari tentang psikologi warna dalam branding.

4. Perhatikan ukuran (Skalabilitas)

Saat mendesain logo, ukuran memiliki peranan penting juga. cobalah untuk memasukkan logo Anda ke alat-alat promosi seperti di media social, kartu nama, poster, billboard. Dalam dunia desain, ini disebut mockup. Amatilah apakah logo Anda bisa match dan terlihat jelas di semua ukuran.


Skalabilitas sama pentingnya dengan responsifitas desain logo. Artinya logo tersebut bisa beradaptasi dan berubah pada berbagai ukuran dan oritentasi di media digital.

Supaya logo sesuai denagn aspek branding traditional maupun digital, Anda harus memastikan logo terlihat bagus dalm setiap format. Caranya, buatlah logo Anda dalam skala kecil, sedang dan besar dalam berbagai versi.

Amatilah apakah logo masih relevan dan terlihat jelas di setiap ukuran? Kalau jawabannya "ya", berarti logo Anda siap dieksekusi ke tahap selanjutnya.

5. Out of the box
Selain sebagai identitas brand secara visual, logo bisa membuat calon pelanggan teringat dengan nilai dan estetika perusahaan. Berpikirlah yang berbeda dan inovatif, sehingga Anda bisa mendapatkan sesuatu yang baru.

 
Negative-space Logo, logo design, logo designer, corporate logos
Negative-space Logo

Bereksperimenlah dengan berbagai gaya contohnya logo negative space. Rancang sesuatu yang benar-benar inovatif di desain logo Anda. Pertimbangkan untuk tidak mencantumkan elemen-elemen yahng tak berguna di sebuah desain logo. 

6. Minimalis
Buatlah logo seminimalis mungkin. Logo itu tak harus kompleks secara visual. Kompleksitas dalam sebuah desain logo perlu dihindari. Fokuskan ide-ide kearah gaya minimalis, hapus semua elemen desain yang secara visual terlalu dekoratif. 

tren logo minimalis 2020, logo desain tren
Logo Apple lama dan baru
Pilihan warna juga dibuat minimalis. Pilih bentuk, ikon, font dan simbol yang membuat pesan logo cepat sampai dan tidak terlalu membingungkan untuk dipahami. Pahamilah bahwa sedikit bisa berarti banyak. Semakin banyak elemen yang ditambahkan di dalamnya, logo akan menjadi chaos secara visual.

7. Uji logo di berbagai ukuran

Jika skalabilitas memainkan peran besar dalam kesuksesan sebuah logo, Anda juga harus memastikan untuk mengujinya pada media yang berbeda. Meskipun ada perbedaan besar antara platform dekstop, smartphone, packaging dan alat pemasaran lainnya, logo harus terlihat baik, tak peduli dalam format dan platform apapun, baik dalam media digital ataupun cetak.


8. Logo yang berkonsep
Makna yang tersampikan akan menjadikan logo menjadi kuat. Logo harus dapat mengekspresikan pesan, nilai-nilai, dan visi yang dijunjung suatu brand tertentu.

Desain logo harus unik dan mudah diingat, memiliki konsep inti dan pesan yang sederhana. Tidak semua logo ada icon sesuai bidangnya. Contohnya, jika Anda mempunyai usaha jual beli mobil, tidak harus ada visual mobil di logo tersebut.

9. Belajar dari kesuksesan orang lain

Anda bisa mendapatkan inspirasi dari karya desainer grafis maupun brand lain. Tetapi alngkah baiknya tidak boleh langsung meniru 100% sama dengan karya orang lain.
 

Belajar dari sukses orang lain akan meningkatkan kepercayaan diri kita. Harapannya apa yang mereka kerjakan akan juga berimbas baik dengan proses kita belajar. Inspirasi sangatlah penting dalam brainstorming untuk ide-ide baru. Jika inspirasi adalah kunci, maka kreativitas juga tak kalan pentingnya. 

"Bad artists copy. Good artists steal". – Pablo Picasso
 
10. Langgar aturan
Jika Anda tahu aturannya, langgar saja!.

Logo tidak harus menjadi simbol statis. Logo dapat beradaptasi, berubah dan menjadi bentuk apapun selama masih relevan dengan tujuan perusahaan.

Kesimpulan
Branding Campaign dan iklan yang hebat tidak dibuat hanya dalam semalam. Poin-poin di atas sangatlah penting dalam menciptakan logo yang keren. Tidak hanya berfungsi untuk membangun identitas visual brand Anda, tetapi juga membantu Anda menjalankan bisnis yang sukses ke depannya.


Artikel ini diambil dari web JustCreative yang berjudul "10 Top Things to Consider Before Designing a Logo". Alih bahasa oleh Whizisme.
Hak cipta oleh Nida Asad seorang kreatif content writer di Animation Wonder

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

DO WHIZ IT!