1775064462
Loading...

RAJAYA YOGASWARA SANG VEKTOR ARTIS INDONESIA, KREATOR MACHINE56

Jika kamu adalah seorang desainer yang suka sekali dengan vector design, pastinya familiar dengan Machine56. Vector artist kenamaan Indonesia, berasal dari Bandung.

Kalau belum, Silakan simak karya-karyanya di posting kali ini?
Saya tahu karya-karya Machine56 pada tahun 2008, dimana awal saya belajar desain grafis. Kala itu saya sering membeli Majalah Babyboss. Majalah yang kontennya berisi seputar karya para desainer baik Indonesia maupun mancanegara.

RAJAYA YOGASWARA VECTOR ARTIST MACHINE56

Diterbitan pertama majalah Babyboss, karya Machine56 menghiasi cover majalah ini. Saya makin tertarik dengan mencari portfolio online-nya yang masih menggunakan situs jadul, Devianart. Situs inilah paling banyak berisi karya desainer grafis kelas dunia. Maklum pada dekade itu smartphone dan internet belum semasif sekarang.

The Creator

Rajaya Yogaswara, akrab dipanggil Yoga adalah orang dibalik karya vektor Machine56. Suka menggambar sejak sering mambaca komik Akira Toriyama. Dalam pencarian proses kreatifnya, awalnya Yoga sering menggunakan banyak warna tanpa memiliki fokus dan konsep yang jelas dalam karyanya. 

Hingga ayahnya yang seorang arsitek mempu mengubah mindset Yoga dalam berkarya. Ayahnya menyarankan Yoga untuk berkarya dengan konsep "go to basic". Walhasil jadilah konsep karya Machine56 hanya memiliki tiga warna yaitu hitam, putih dan merah.

RAJAYA YOGASWARA VECTOR ARTIST MACHINE56

Yoga yang lulusan DKV Institut Teknologi Bandung (ITB) ini dalam berkarya selalu mengintegrasikan tiga warna dan elemen garis, sehingga tercipta harmonisasi dalam setiap karyanya. Paling ikonik adalah kombinasi mechanichal design dan skull head.

Bagi saya, Yoga memiliki kekuatan brand yang beda dengan para desainer lain. Kalau melihat desain vektor berwarna hitam, putih, merah dan beraksen mechanical, pasti langsung ingat dengan Machine56. Karyanya seolah menjadi pioneer untu karya desain vektor di Indonesia. 

RAJAYA YOGASWARA VECTOR ARTIST MACHINE56
Katoki Hajime, 123Klan, :phunk dan Ilman Landjanoen adalah artis idola Yoga. Dalam berkarya ia menggunakan software Corel Draw Graphic Suite X3. Berkat karya-karyanya yang mempunyai idealisme kuat kini Machine56 bukan lagi sekedar vector artist, namun juga sebagai pemain di industri clothing dan merchandise kelas dunia.

RAJAYA YOGASWARA VECTOR ARTIST MACHINE56
Karyanya bisa kamu lihat di www.machine56.devianart.com
Serta online store di https://5060.bigcartel.com

Post a Comment

  1. Aku g mudeng dunia grafis tp tulisan ini sgt mencerahkan ketidakmudenganku ttg grafis...suwun

    ReplyDelete
  2. Gagah banget ya penampakan desainnya, unik..

    ReplyDelete
  3. Produk helm atau topengnya keren dan unik. Ga nyangka kalau harga jualnya juga pakai dolar.

    ReplyDelete
  4. Pengen juga nih bisa jadi desainer, tp kyky ane gk pnya bakat gan hhhh

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

DO WHIZ IT!