1775064462
Loading...

ASIKNYA MENJADI SHUTTERSTOCK ENDORSER

Beberapa jam yang lalu saya membaca artikel tentang endorser. Menurut beberapa artikel ada yang menerjemahkan sebagai berikut:

Endorser adalah icon atau sosok tertentu yang sering juga disebut sebagai direct source (sumber langsung) untuk mengantarkan sebuah pesan dan atau memperagakan sebuah produk atau jasa dalam kegiatan promosi yang bertujuan untuk mendukung efektifitas penyampaian pesan produk (Suryadi, 2006:132; Belch & Belch, 2004:168).


shutterstock login shutterstock pricing shutterstock contributor shutterstock free shutterstock video shutterstock design shutterstock coupon code shutterstock india, free shutterstock, endorser

Ketertarikan saya tentang kata endorser ini sebenarnya sudah lama saya dengar, apalagi di jaman sosial media ini. Para brand gencar mengomunikasikan produknya dengan meng-hire celeb-blog, vlogger, instagrammer yang followernya bejibun. Nah, saya ada cerita menarik tentang blog ini dengan yang namanya endorse tadi.

Beberapa hari kemarin saya mendapatkan email dari Manager & Outrech Shutterstock. Emailnya berisi seputar ketertarikan dia terhadap blog saya ini.
Intinya Shutterstock ingin bekerjasama dengan Whizisme. 

Pada waktu membaca email pertamanya saya masih banyak pertanyaan dan tidak terlalu tanggap. Pikir saya, apakah Shutterstock mengundang saya hanya untuk sign-up saja (kalau begini setiap orang bisa) atau hanya pamer produk di shutterstock dan dapat diskon?

Teman di facebook termasuk dzofar memberi saran untuk chit-chat lebih lanjut melalui email. Setelah ngobrol ria, walhasil saya dan Shutterstock resmi berpartner. Ternyata si bule kalau  itu balesnya cepat ya, beda dengan saya. Mungkin butuh beberapa kali baru ngeh :D 

Lalu apa sih hasil kerjasamanya?
Ternyata manager Shutterstock sebelumnya telah membaca blog saya. Karena konsen di bidang distribusi image, Shutterstock butuh jalur promosi melalui media lain. Kebetulan Whizisme menjadi acuan salah satu blog untuk sara visual marketing dari Shutterstock.

Baca Juga: Desain Grafis Sebagai Alat Visual Marketing

Saya diberikan akun premium untuk bisa download seluruh file baik .jpg .ai. .eps di Shutterstock tanpa watermark. Namun dibatasi 25 download perhari. Wah, kiranya sangat bermanfaat sekali bukan bagi blogger yang mempunyai niche desain. Shutterstock memberikan akses sampai 90 hari (3 bulan), itupun bisa diperpanjang.

Shutterstock mewajibkan sebagian file untuk disertakan dalam artikel dan link menuju web Shutterstock. Asiknya saya boleh mengedit gambar tersebut sesuai visualisasi artikel. 

Berkaitan dengan saya yang mulai jarang posting, Shutterstock tidak mewajibkan juga untuk post gambar setiap hari. So, kerjasamanya masih ringan dan bisa ditolerir.Dari kerjasama pertama ini semoga saya bisa terbantu untuk lebih cepet posting blog, karena selama ini saya seringkali lama memikirkan visualnya dari pada isi artikel :)

Nah, kembali ke bahasan endorse, mungkin saya ini dikategorikan sebagai Lay Endorser. Endorser dari kalangan non selebritis yang ditugaskan menyampaikan pesan suatu produk. 

Selain itu ada juga Celebrity Endorser. Kalau ini bintang iklan seperti selebriti & artis. Ada juga Expert Endorser. Biasanya adalah seorang olahragawan, ilmuwan, tenaga ahli yang menjadi penyampai pesan suatu brand.

Baca Juga: Designer As Marketer

Kalau yang terakhir Dead Endorser. Endorse ini diberikan kepada orang yang telah meninggal dan berpengaruh bisa menjadi penyampai pesan lewat masterpiece yang ditinggalkan. Saya kira semua orang juga bisa menjadi endorser. Ya minimal endorse pada diri sendiri via Personal Branding tentunya.

Thanks buat Shutterstock!

CREATIVITY 6481669825517448711

Post a Comment

  1. Kalau sampean lama mikir soal gambar pas buat postingan, kalau saya mikir judul mas yang kadang lama hehehe

    Makane judule rata-rata gak kreatif blas

    met lebaran mas.. matur nuwun PNG kemarin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami ankle...Selamat lebaran jugak...Mugi barokah selalu :)

      Delete
  2. iya, kalo bule emang bales emailnya cepet, kak. bukan karena butuh sih, tapi karena emang buat mereka time is money. jd kalo bs cepet kenapa harus lama? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..iya La ternyata bule memang disiplin ya Lak?..

      Delete
  3. wah saya ga pernah main di shutterstock :D
    tapi enak sih dapat akses ke sana
    bisa unduh banyak file, apalagi yang .ai nya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya semoga berkelanjutan ke peluang lain :)

      Delete
  4. Hahaha matur suwun wis dimention di blog sper keren ini! *mundak terkenal ki haha*

    Selama proses kongkalikong dg bule, mereka itu lebih ke "take it or leave it". Jarang banget atau hampir gak pernah aku eyel eyelan sama bule. Beda sama orang lokal haha. Mereka kalo ngenyang harga, trus kita gak ngebolehin, yaudah dia leave chat. Gak ngeyel. Biasanya akulah yg nurunin harga karena pas butuh duit haha. Apalagi pas lebaran begini..

    Oh satu hal yg bikin enak dpt klien bule, dia gak pernah mesen order secara cepet selesai. Minimal seminggu lah deadlinenya. Itu bisa jadi nilai plus buat kita para produsen, apakah mau ngerjain cepet atau sesuai dedline. Tinggal atur strategi aja. Haha.. Kalo aku sih milih lebih cepet selesai, biar dapat rapor "you have done such a great job!" Atau "fast response with great result" hahaha...

    Demikian curhat saya. Mohon maaf jiwa raga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dzofar.com memnag udah terkenal dan banyak yang tahu.
      Terima kasih telah share pengalamanya dengan klien bule :)

      Delete
  5. Sip markosip, blognya terkenal hingga mancanegara,
    Selamat libur lebaran, mohon maaf lahir dan batin,

    ReplyDelete
    Replies
    1. SUgi kulo ngucapaken : Selamat Idul Fitri
      Wehehe.. Kalo Seputer Semarang malah terkenal seantero jagad maya :)

      Delete
  6. Semoga tambah sukses neh blog ya mas, kalo saya belum pernah ngendorse, hehe...

    Mohon maaf lahir dan batin ya yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami-sami Ustadz Azzet Selamat Idul Fitri, maafin saya juga..semoga Pak Azzet selalu diberi kesehatan untuk bisa mengajar :)

      Delete
  7. Waaaah, berkah ngeblog iki ya, Mas. . .
    Saya ingin belajar 3d Max, tapi bingung mau mulai darimana. Gak punya basic blas. . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku punya buku 3DsMaz...yang penting serius dan tekun saja InsyAlloh bisa. Aku belajar dari buku dan turoial teman2 Fesbuk, alhasil ya..menghasilkan $$$ :D

      Delete
  8. kita semua bakalan menjadi DEAD ENDORSER, tergantung bagaimana kehidupan kita semasa di dunia.... salam :-)

    ReplyDelete
  9. wihh mantabs bisa di-endorse shutterstock

    selamat! :D

    ReplyDelete
  10. enak banget gan... btw.. emang sebelum diendorse agan make gambar shutterstcok terus ya untuk image di blognya?? kalo kita langsung mengajukan diri untuk menjadi endorse kira2 bisa gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya ndak pake shutterstock, lebih ke posting ttg desain saja. Lalau ada team shutterstock yg menghubungi saya :)

      Delete
  11. Mas Whizisme mantap banget nih, bisa dilirik shutterstock.

    Setahuku mereka penyedia foto-foto yang keren juga untuk penambah cantik sebuah artikel. Dulu, aku pikir gratis pas mau aku pakai eh ada watermarknya. Ternyata berbayar..syumpah beruntung banget. keren dah mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Rul thanks... semoag di blogmua juga ada uang endorse

      Delete

emo-but-icon

Home item

DO WHIZ IT!