1775064462
Loading...

KAMU SEORANG DESAINER? BERANI BELAJAR MARKETING?

 
Semenjak datangnya internet disertai kemudahannya, banyak sekali muncul pekerjaan baru berbasis online. Tak kalah banyaknya, muncul juga desainer grafis baru di berbagai genre. Kerjanya pun relatif mudah, berbekal laptop dan keahlian mengolah gambar, bekerja di rumah bahkan dimanapun bisa. Asalkan ada koneksi internet. Mereka biasa disebut freelancer.

Freelancer yang bergerak di bidang desain grafis, pastinya sudah berbekal skill desain yang mumpuni. Dengan dibantu teknologi jnternet, mereka berlomba-lomba menawarkan jasanya melalui crowdsourcing untuk mendapatkan klien ataupun ikut kompetisi online.

lowongan kerja desainer grafis desainer grafis terkenal desainer grafis adalah desainer grafis terkenal di dunia desainer grafis freelance desainer grafis sukses gaji desainer grafis 2015 gaji desainer grafis 2014 Apa itu Desain Grafis?  pekerjaan Design grafis Tips Menjadi Desainer Grafis Perancang grafis Desain Grafis Indonesia Siapa itu Desainer Grafis
Timbulah pertanyaan, apakah skill desain saja sudah cukup untuk mendapatkan project dari klien?
Tentunya tidak. Sesuai pengalaman beberapa tahun terakhir, marketing skill juga sangat dibutuhkan. Para calon klien menghire kita bukan karena hanya portfolio desain yang menarik saja. Kemampuan kita dalam meyakinkan klien juga sangat ampuh untuk menjadikan sebuah deal project. 


Baca Juga: Whizisme itu apa ya?

Apakah kita sebagai desainer juga harus belajar marketing mix yang biasa kita ketahui dengan unsur 7P (Product, Price, Promotion, Place, Participant, Process, Dan Physical Evidence)?   

Untuk memberikan performa marketing yang bagus, semua unsur 7P wajib diperhatikan. Namun karena bekerja di online, keberadaan place bisa menjadi lebih mudah dan tidak membutuhkan gedung. Cukup membuat web atau blog sebagai sarana informasi calon pelanggan.

MARKETING COMMUNICATION
Lama juga saya mendengar ungkapan marketing communication, namun kali ini saya baru tau artinya. Menurut Wikipedia, Marketing Communication (komunikasi pemasaran) adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual.

Sebagai seorang yang lagi membangun brand produk, komunikasi pemasaran ini bisa dijadikan sebagai "suara" kita untuk berkomunikasi dengan konsumen. Bisa juga menjadi alat untuk menanamkan citra merek dan serta mendorong terjadinya enjualan.

Yuswohadi, penulis buku CROWD dan ahli marketing mengklasifikasikan ciri marketer sebagai berikut: Create Opportunity, Sell Idea, Build Brand, Action and Action!
 

Baca Juga: Review Buku CROWD Karya Yuswohadi 

Para desainer yang dibekali ide-ide kreatif harus juga jeli melihat peluang ntuk mengendus peluang ini. Sebisa mungkin berlatih dalam skill komunikasi. Lebih banyak bertemu, mendengar dan mengulik kebutuhan konsumen.

Ketika ada calon klien yang menghubungi dan mulai percakapan, secara tidak langsung saya menggali siapakah klien serta kebutuhannya apa. Kemudian dari pembicaraan inilah kita menemukan permasalahan untuk dipecahkan.

Sebagai problem solver klien, tugas kita kemudian adalah menganalisa dan menyelesaikan project tersebut. Kita senang karena mendapatkan project, klienpun terbantu atas jasa kita.

Nah, kalau memang skill marketing bisa memudahkan seorang desainer untuk menawarkan produk atau jasa ke calon pelanggan, mengapa kita tidak mencobanya?

THINK 829500924086517939

Post a Comment

  1. Mas, aku sebenere pengin banget bisa design-design kayak gitu. Beberapa kali belajar dan utak-atik sendiri kok keburu nyerah sama istilah, fungsi karo cara pengoperasiannya tool yang banyak banget itu. Belajarnya pake corel, sih. Sekarang wes mandek. #curhatalert 😐

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...aku dulu yak sering males kok. Malah beli buku tutorial, dipraktekin setelah 6 bulan haha...

      Yang penting semangat belajar apapun :D

      Delete
  2. Mas, huruf A+ dan A- tak klik klik kok hurufnya gak tambah gedhe, tapi cuma jarak antar baris saja yg merenggang.

    *sori OOT, kritikku gak usah dipublish*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks... sarannya...udah kucoba blm berhasil...

      Delete
  3. marketing ini erat kaitannya dengan persaingan ya mas?

    ReplyDelete
  4. Sebenernya lbh ke strategi mendapatkan kusyomer sih...kalo persaingan kemungkinan sesama rival matketing dalam hal merebut pasar kali yak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah pasar. kayaknya bolehlah membahas pasar pasar buat orang2 grafis mas hehe. atau mungkin tips bikin pasar :D

      Delete
  5. Peka ...
    Mencari ...
    Peduli ...
    Dan jeli melihat kebutuhan konsumen ...
    Ini beda marketer yang biasa dengan marketer sejati ...
    Dan untuk mengetahui kebutuhan konsumen ... ya talk to them ...live with them ... (Jangan dibelakang mejasambil buka buku kotler hermawan atau yang sejenisnya ...) mereka tidak tau target market kita ...
    Kitalah yang lebih tau ... Hehehe

    Salam saya Jay
    (4/10 : 1)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... Om Nher ini secara penampilan juga menarik perhatian abis..selalu semangat dan beda!

      Delete
  6. Hmmm..., perlu belajar tidak sekadar jadi marketer neh ya, Mas, tapi marketer sejati, hehehe

    ReplyDelete
  7. Membuat klien loyal, point penting. *noted*

    ReplyDelete
  8. Designer as marketer, but not sales. Wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Mantap nih..... designer kelas dunia asal Rembang !!!! Gahulsssss bangettttt

    ReplyDelete
  10. marketing communication bahkan menjadi jurusan kuliah favorit di beberapa universitas swasta. tapi entah kenapa menurut gue mass communication lebih terasa menyenangkan ketimbang marcomm

    makin kesini persaingan memperbutkan hati pelanggan makin ketat yak..

    ReplyDelete
  11. desainer biar laku harus banyak relasi :D

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

DO WHIZ IT!