1775064462
Loading...

KAMU SEORANG DESAINER? BERANI BELAJAR MARKETING?

Semenjak datangnya internet disertai kemudahan dalam penggunaan, banyak sekali muncul pekerjaan baru berbasis online. Tak kalah banyaknya muncul juga desainer grafis berbagai genre. Kerjanya pun relatif mudah, tak usah berangkat-pulang ke kantor, bekerja di rumah bahkan dimanapun bisa. Asalkan ada koneksi internet. Sebagian mereka adalah seorang online freelancer.

Freelancer yang bergerak di bidang desain grafis, pastinya sudah berbekal skill desain yang mumpuni. Dengan dibantu teknologi, mereka berlomba-lomba menawarkan jasanya melalui crowdsourcing atau kompetisi online.

lowongan kerja desainer grafis desainer grafis terkenal desainer grafis adalah desainer grafis terkenal di dunia desainer grafis freelance desainer grafis sukses gaji desainer grafis 2015 gaji desainer grafis 2014 Apa itu Desain Grafis?  pekerjaan Design grafis Tips Menjadi Desainer Grafis Perancang grafis Desain Grafis Indonesia Siapa itu Desainer Grafis
Timbulah pertanyaan, apakah skill saja sudah cukup?
Tentunya tidak. Sesuai pengalaman beberapa tahun terakhir, marketing skill juga sangat dibutuhkan. Para calon klien menghire kita bukan karena hanya tampilan visual yang menarik saja. Kemampuan kita dalam meyakinkan klien juga sangat ampuh untuk menjadikan sebuah deal project. 


Baca Juga: Whizisme. Jasa Pembuat Desain Logo ya?

Apakah kita sebagai desainer juga harus belajar marketing mix yang biasa kita ketahui dengan unsur 7P (Product, Price, Promotion, Place, Participant, Process, Dan Physical Evidence)? 

Memang untuk mengatur kinerja marketing, semua unsur 7P wajib diperhatikan. Namun karena bekerja di online, keberadaan place bisa menjadi lebih mudah dan tidak membutuhkan gedung. Cukup membuat web/ blog sebagai jalan informasi jasa ke calon kustomer.

MARKETING COMMUNICATION
Lama juga saya mendengar ungkapan marketing communication, namun kali ini saya baru tahu artinya. Menurut Wikipedia, Marketing Communication (komunikasi pemasaran) adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual.

Sebagai seorang yang lagi membangun personal branding, komunikasi pemasaran ini bisa dijadikan sebagai "suara" kita untuk berdialog dan berhubungan dengan konsumen. Bisa juga menjadi alat untuk menanamkan citra personal dalam ingatan, membuat keren merek dan tentunya mendorong penjualan.

Yuswohadi adalah pengarang buku CROWD dan ahli marketing mengklasifikasikan ciri marketer sebagai berikut: Create Opportunity, Sell Idea, Build Brand, Action and Action!
 

Baca Juga: Review Buku CROWD Karya Yuswohadi 

Para desainer yang dibekali ide-ide kreatif harus juga jeli melihat peluang, mengambil peluang tersebut melalui project kreatifnya. Untuk mengendus peluang ini harusnya kita lebih banyak bertemu, mendengar dan mengulik kebutuhan bahkan perilaku konsumen.

Ketika ada calon klien yang menghubungi dan mulai percakapan, secara tidak langsung saya menggali siapakah klien serta kebutuhanya apa. Kemudian dari pembicaraan inilah kita menemukan permasalahan.

Sebagai problem solver klien, tugas kita tinggal menganalisa dan menyelesaikan project tersebut. Kalau sudah begitu kita senang karena mendapatkan project, klienpun terbantu atas jasa kita.

Nah, kalau memang marketing bisa memudahkan komunikasi produk atau jasa kita ke calon pelanggan dan menghasilkan profit. Kenapa tidak seorang desainer grafis mulai belajar marketing. Go Action Now!

THINK 829500924086517939

Post a Comment

  1. Mas, aku sebenere pengin banget bisa design-design kayak gitu. Beberapa kali belajar dan utak-atik sendiri kok keburu nyerah sama istilah, fungsi karo cara pengoperasiannya tool yang banyak banget itu. Belajarnya pake corel, sih. Sekarang wes mandek. #curhatalert ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...aku dulu yak sering males kok. Malah beli buku tutorial, dipraktekin setelah 6 bulan haha...

      Yang penting semangat belajar apapun :D

      Delete
  2. Mas, huruf A+ dan A- tak klik klik kok hurufnya gak tambah gedhe, tapi cuma jarak antar baris saja yg merenggang.

    *sori OOT, kritikku gak usah dipublish*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks... sarannya...udah kucoba blm berhasil...

      Delete
  3. marketing ini erat kaitannya dengan persaingan ya mas?

    ReplyDelete
  4. Sebenernya lbh ke strategi mendapatkan kusyomer sih...kalo persaingan kemungkinan sesama rival matketing dalam hal merebut pasar kali yak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah pasar. kayaknya bolehlah membahas pasar pasar buat orang2 grafis mas hehe. atau mungkin tips bikin pasar :D

      Delete
  5. Peka ...
    Mencari ...
    Peduli ...
    Dan jeli melihat kebutuhan konsumen ...
    Ini beda marketer yang biasa dengan marketer sejati ...
    Dan untuk mengetahui kebutuhan konsumen ... ya talk to them ...live with them ... (Jangan dibelakang mejasambil buka buku kotler hermawan atau yang sejenisnya ...) mereka tidak tau target market kita ...
    Kitalah yang lebih tau ... Hehehe

    Salam saya Jay
    (4/10 : 1)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... Om Nher ini secara penampilan juga menarik perhatian abis..selalu semangat dan beda!

      Delete
  6. Hmmm..., perlu belajar tidak sekadar jadi marketer neh ya, Mas, tapi marketer sejati, hehehe

    ReplyDelete
  7. Membuat klien loyal, point penting. *noted*

    ReplyDelete
  8. Designer as marketer, but not sales. Wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Mantap nih..... designer kelas dunia asal Rembang !!!! Gahulsssss bangettttt

    ReplyDelete
  10. marketing communication bahkan menjadi jurusan kuliah favorit di beberapa universitas swasta. tapi entah kenapa menurut gue mass communication lebih terasa menyenangkan ketimbang marcomm

    makin kesini persaingan memperbutkan hati pelanggan makin ketat yak..

    ReplyDelete
  11. desainer biar laku harus banyak relasi :D

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item
FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email

DO WHIZ IT!