1775064462
Loading...

SITELINK - MEMBUAT BLOG DI HALAMAN PERTAMA GOOGLE

Kalau tidak salah, seminggu kemarin saya mencoba googling dengan mengetikkan URL blog saya. Tenyata blog whizisme telah tertata rapi, seperti berada di gambar bawah.DESIGN AND CREATIVITY, SITELINK - MEMBUAT BLOG DI HALAMAN PERTAMA GOOGLE

Bagi saya yang belum terlalu paham tentang SEO (Search Engine Optimization) hal ini merupakan suatu hal yang menggembirakan. Betapa tidak blog saya yang mulai posting 3 bulan kemarin, telah dipercaya Google untuk mendapat sitelink :)

SITELINK 
Ternyata perihal penataan peringkat di Google itu dinamakan Sitelink.  Merupakan kumpulan beberapa link dari situs atau blog yang ditampilkan di halaman pencari. Sitelink ini akan muncul kalau kita searching URL dan tanpa kita tulis domain (com, org, co.id) pun blog/ website sudah bisa terindeks oleh Google.

Kegunaanya apa?
Nah.. dengan adanya sitelink, blog/website kita telah mempunyai dominasi keywoard tertentu. Seperti di Blog saya keywordnya "Design & Creativity Blog" mempunyai dominasi paling atas. Dengan keyword ini, berarti blog/ website kita akan sulit digeser oleh blog lain. Istilah mudahnya kita sudah memiliki kapling di tanah Google. Sedangkan jika saya mengetik whizisme.com di google, blog ini mempunyai peringkat nomor satu, berarti blog saya telah mempunyai sitelink dan Google menganggap mempunyai konten penting.

Mencoba mendapatkanya!...
Sebenarnya perihal sitelink ini sudah banyak blog yang mengulaskanya, namun kali ini saya menuliskanya ala whizisme.com, berikut caranya:

1. Buat Blog sesuai Niche
Niche itu merujuk kepada sebuah topik atau subyek tertentu seperti desain, olahraga, kesehatan. Sebenarnya niche blog saya masih terlalu banyak, ini dikarenakan saya sulit mengelola waktu untuk mengelola beberapa blog dengan niche berbeda. Lebih baik jika satu blog mempunyai bahasan satu tema.

2. Gunakan Google Webmaster & Google Analytics
Tahap ini wajib kita perhatikan, karena dengan kita tool ini, kita bisa mengontrol perkembangan blog kita. Banyak fasilitas yang terdepat disana. misalnya: Site configuration menyakup Sitemaps, Crawler Acces, Sitelink dll.

3. Tingkatkan Trafik Blog
Banyak cara untuk meningkatkan pengunjung ke blog kita. Bisa dengan berkunjung ke blog yang mempunyai kans banyak, lalu kita berekomentar (membangun) dan meninggalkan URL blog kita.
Bisa juga membuat thread di forum - forum terbesar seperti KasKus, IndoWebster, Bluefame, dll. Dengan share di forum tersebut, kemungkinan sebagian pembaca disana akan merujuk ke blog kita. Tentunya wajib meninggalkan jejak dengan menambahkan URL blog.


4. Keep Posting
Ini sekaligus menyindir diri saya yang jarang posting. Sebenarnya posting ini sangat bermanfaat sekali untuk menarik pengunjung. Ketika blog kita selalu update secara berkala, secara otomatis menjada kualitas SEO blog, dan tentunya  Google melihat sebagai blog yang rajin, tentunya akan diperioritasakan khan?

Sebenarnya tips di atas bukan hal yang mutlak dalam mencari sitemap. Blogger mempunyai pengalaman masing-masing dalam mendapatkanya.

Ketika sudah terjun sebagai blogger, cintailah blog/website, serta berilah posting-posting yang indah dan berguna. Sehingga suatu saat Google akan memperhatikan blog kita.

Semangat posting...
Semoga Bermanfaat, Salam Blogger!
INSPIRE 5130416130444826422

Post a Comment

emo-but-icon

Home item
FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email

DO WHIZ IT!