1775064462
Loading...

KIDEVO - SOCIAL MEDIA AMAN UNTUK SI KECIL

Saya kadang berpikir tentang pesatnya kemajuan teknologi informasi. Saat ini begitu mudahnya informasi diakses. Semua orang bisa menikmati kemudahan informasi. Semenjak Indonesia memberikan harga tarif Internet murah, semua provider telekomunikasi selalu berlomba-lomba memberikan layanan yang sangat murah kepada masyarakat.

Meskipun dengan embel-embel internet murah namun tetap saja ada syarat tertentu yang membatasi.
Di lain hal banyak bertebaran warnet. Dampaknya, bukan hanya masyarakat dengan usia dewasa yang bisa menikmati fasilitas ini, misal anak-anak pun seperti menjadi tertarik mengikuti perkembangan internet di Indonesia. Apalagi anak-anak sekolah, pulang sekolah..ya langsung ke warnet entah mengakses tugas atau facebook, Twitter dan lainya. Kuatirnya anak-anak jaman sekarang dengan mudahnya mengakses konten-konten yang berbau pornogafi. Wow…yang ini salah siapa coba?...

Di dunia yang serba mudah ini, anak-anak kerap kehilangan banyak hal yang seharusnya mereka dapatkan. Salah satunya adalah wadah tempat berkumpul yang menyenangkan dan aman untuk mereka. Alih-alih bermain di taman, bermain petak umpet, gobaksodor, engklek, kelereng dan permain lain yang bisa menumbuhkan kebersamaan. Anak-anak jaman sekarang lebih sibuk dengan gadgetnya.

Salah satu teman kantor saya pernah curhat tentang 2 anaknya yang baru kelas 1 SD, dan kakaknya di kelas 7 SMP meminta untuk dibelikan Blackberry. Katanya supaya bisa update status Facebook #gelengkepala. Melihat kakaknya punya facebook, adik yang masih kecil ini ingin juga minta dibuatin dan merengek-rengek. Karena nggak tega, sang kakak membuatkannya. Setelah dibuat, sang kakak sibuk dengan urusan media sosialnya sendiri. Alhasil, adiknya yang belum mengerti internet malah menjadi predator yang selalu ingin tahu apapun juga. bercerita dengan teman mainnya di sekolah kemudian bertualang dengan imajinasi-imajinasi kotor yang luput dari pantauan orang-orang dewasa.

Beranjak dari fenomena-fenomena yang mirip dengan kejadian di atas, Telkom selaku salah satu penyedia layanan komunikasi terbesar di Indonesia berinisiatif menyediakan sebuah wahana di dunia maya yang dirancang secara khusus untuk anak-anak. Media sosial ini dibuat oleh pemain lokal Speedykids dari Telkom dengan nama Kidevo. Langkah Telkom ini sepertinya cukup menarik mengingat warga pengguna internet pun melebar pada mereka yang masih di usia anak-anak.

KIDEVO - SOCIAL MEDIA  AMAN UNTUK SI KECIL

Selain jaringan pertemanan, Kidevo berisikan konten-konten yang mendidik. Di sana, ada artikel-artikel yang berisi informasi edukatif, games kreatif. Ada juga fasilitas blogging sehingga anak-anak bisa menulis blog seperti layaknya dia punya buku hariannya sendiri. Ada juga fitur album foto dan video di mana anak bebas mengunggah foto dan video. Selain itu, ada fitur khusus untuk orangtua dan guru-guru. 

Speedy terus membuat program-program positif untuk para pengguna internet, dengan metode pembelajaran online para siswa akan lebih mudah mengikuti pelajaran karena sistem online bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Dan masih banyak lagi. Silakan mencoba...
INSPIRATION 8737261006239922842

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

DON'T MISS IT

FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email 100% GRATIS