1775064462
Loading...

KOMUNITAS SKETSA DI SEMARANG

Berkumpul bersama teman komunitas di Semarang itu menjadi keasyikan tersendiri buat saya. Begitu juga dengan kamu bukan?.... pasti merasakan hal yang sama. Kalau diibaratkan suatu hubungan, komunitas adalah keluarga kedua bagi saya. Serasa asyik banget ya...kalau menghabiskan waktu libur bersama mereka.

Komunitas juga bisa memberikan inspirasi dan pengetahuan lebih bagi saya tentunya. Bersama teman kreatif lainya, saya selalu berdiskusi tentang sesuatu hal-hal yang baru. Lebih tepatnya hal-hal yang belum saya ketahui. Walupun kita mempunyai hobi yang sama, pengalaman kita dalam berproses dan menggapai karya itulah yang kita saling tukar.


DESIGN AND CREATIVITY, Komunitas Semarang, Komunitas Sketsa, Orart-oret, Arsisketur, Indonesia Sketcher, Urban Sketcher, Kota Lama semarang

Sebenarnya saya termasuk penggila komunitas, banyak sekali komunitas yang saya ikuti, namun kali ini saya ingin memperkenalkan beberapa komunitas sketsa di Semarang. Komunitas sketsa di Semarang ada beberapa yang sering kumpul, diantarnya Indonesia's Sketcher, OrArt-Oret, ArsiSKETur. 

Indonesia's Sketcher (IS) ini sebenarnya di setiap daerah ada, dan biasa kita sebut sebagai Chapter. Kegiatanya sering hunting sketsa urban, seperti bangunan kota atupun kegiatan di suatu lokasi. Mengusung tagline "We Draw What We Witness", komunitas ini menjadikan apa yang kita lihat terekam apik di buku sketsa.

OrArt-Oret sebenarnya bukan komunitas, melainkan even menggambar bersama yang diadakan pecinta gambar bernama Outsiders. Dikarenakan seringnya ngumpul (2 minggu sekali). Akhirnya teman-teman yang gabung lebih akrab dengan sebutan OrArt-Oret. 

Anak-anak yang tergabung di OrArt-Oret lebih banyak yang menggambar bukan sketsa, seperti gambar wajah, ilustrasi, atuapun kartun. Berkat komunitas ini juga saya sering diajak pameran bersama di galeri ternama di Semarang. Padahal saya bukan seniman hehe...

Untuk komunitas Sketsa ketiga yang saya ketahui bernama arsiSKETur. Anggotanya kebanyakan alumni anak-anak arsitek di salah satu kampus elit di Semarang. Hasil karyanya memang kebanyakan sketsa bangunan yang rapi, khas arsitek. 

Ketiga komunitas tadi, sering hunting sketsa di tempat-tempat bersejarah seperti Kota Lama, Polder Tawang,  Klenteng Tay Kak sie, dan kadang-kadang juga sketsa di Mall. Diharapkan dengan hadirnya para sketcher ini, Landskap Kota Semarang akan terekam baik di medium visual selain media fotografi.

Nah...ini saya tunjukan sketsa, hasil saya belajar bersama mereka. Bukan pamer lho ya....

Gereja Blenduk. sketsa saat acara Kota Lama Festival


Sketsa Gereja blenduk Semarang, Kota Lama, Wisata Semarang


Sketsa Gereja Blenduk, Wisata Semarang, Sketsa Semarang

Bagaimana menurut teman-teman?...
Mau belajar sketsa? Meraka welkam banget dengan teman-teman baru lho...
Yuk kunjungi link berikut...

ORaRT ORET   Indonesia's Sketcher   ArsiSKETur


CREATIVITY 6005544451198316898

Post a Comment

  1. Halo, monggo ikutan lomba Desain Landmark Kota Bekasi dengan total hadiah 105 Juta Rupiah. cek web nya yah: www.landmark-kotabekasi.com. thanks.

    ReplyDelete

  2. Faber-Castell present : Drawing Competition "UNIKNYA KOTAKU". Hari, Tanggal : Minggu, 3 November 2013
    Tempat : Gd. Henricus Constant Kampus Unika Soegija Pranata Semarang
    Jam : 09.00 - Selesai.
    More info :
    - Faber-Castell Semarang 024 7616618
    *Rizki 0857 4055 0600
    *Yuni 0888 397 3451
    - Fakultas Arsitektur & Desain Unika Soegija Pranata
    *Istriyah 0856 4050 8527
    *Wafa 0838 4238 2686
    - Redaksi Suara Merdeka, Cp : Priyo 024 70250150
    *TB Gramedia Semarang (bagian informasi)
    #share #suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang juara II Pak Yudi yak dari ArsiSKETur SMG..keren acaranya

      Delete
  3. kak mau tanya kalau sekarang komunitasnya masih jalan apa ndak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kok mereka masih aktif bersketsa. Silakan berkunjung ke FB mereka..

      Delete
  4. Selamat malam saya syaifuddin dari semarang mau bertanya, gimana caranya gabung di komunitas ini? Mohon jawabannya terimakasih

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item
FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email

DO WHIZ IT!