1775064462
Loading...

MEMPERKUAT VISUALISASI DENGAN ILUSTRASI

Hallo para pembaca yang setia...
Flashback dikit sewaktu masih kecil ya?...
Waktu SD Pernah disuruh menggambar, kemudian dilanjutkan maju satu persatu menceritakan gambar? Pernahkah?... 
Kalau saya pernah, walau gambarnya absurd dan berbentuk. 

Ternyata perihal yang demikian itu, bisa disebut sebagai seorang ilustrator lho. Gampangnya ilustrator ini merupakan artis narasi yang memperjelas bahasa tulis dengan memberikan representasi visual sesuai narasi. 


ilustration
 Ilustrasi by Ben

Ilustrasi ini ternyata berguna juga untuk mempermudah konsep tulisan yang sulit. Apalagi kalau ilustrasinya sangat sedap dipandang mata. Sering kita temuai banyak ilustrasi digunakan di media surat kabar, majalah, buku, poster, kartu ucapan dan iklan. Misalnnya ilustrasi kartun dengan menambahkan komedi untuk cerita yang lucu. 

Media yang digunakan pun bermacam dari sketsa, lukisan minyak, airbrush, tinta, cat air. Kalau zaman remaja dulu sering menemukan ilustrari vignet, dengan berbagai gambar abstrak seperti doodle. Banyak ditemukan di majalah remaja bagian puisi. Pernah mengalaminya?...

ILUSTRASI DALAM KESEHARIAN
Ada beberapa banyak fungsi dari ilustrasi. Perhaps..perspektif utama yang sering ditemui dikeseharian diantaranya:

Pendidikan
Ilustrasi sangat berguna untuk tumbuh kembang manusia sewaktu balita. Persepsi anak berkembang melalui kekuatan berimajinasi. Oleh karena itu banyak sekali buku ilustrasi di buku anak. Dengan begitu anak akan mudah mengasosiasikan kata ataupun kalimat dengan obyek yang dilihat.


Buku yang divisualisasikan dengan baik akan meningkatkan daya tarik membaca di kalanagan anak-anak. Bisa juga sebagai bahasa visual di kamus-kamus bahasa asing. Tanpa terjemahan tekspun anak-anak akan mudah mengingatnya. Bahkan di dunia science dan engineering, ilustrasi memainkan peran utama sebagai concept sketch ataupun literatur.

Penarik Perhatian (Iklan)
Ketika seseorang tidak tertarik dengan produk tertentu, saatnya iklan yang mengambil jalan pintas. Dengan intensitas iklan orang akan ter-persuasi untuk membeli produk. Iklan bahkan memberikan cara untuk memilih dari beberbagai produk yang ditawarkan.

Produsen yang gagal menawarkan produk, mungkin bisa merubah ilustrasi produk sesuai kekuatanya melalui elemen-elemen merek. Sehingga tercipta brand awareness produk. Tampilan yang eye-catchy di berbagai elemen grafis, gambar, video akan mudah menarik orang.

Penyebar Pesan 
Dengan ilustrasi yang inovatif penyebaran pesan dengan mudah tersebar. Penggambaran ekspresi yang berbeda memberikan detail pemahaman tanpa teks. Seorang ilustrator junior seperti saya seringkali mengalami kesulitan dalam usahanya untuk mengkomunikasikan suatu pesan menggunakan ilustrasi, tetapi jika berhasil, maka dampak yang ditimbulkan umumnya sangat besar. 

Lalu fungsi ilustrasi haruslah dapat menimbulkan respon atau emosi yang diharapkan dari pengamat yang dituju. Ilustrasi umumnya lebih membawa emosi dan dapat bercerita banyak dibandingkan dengan fotografi, hal ini dikarenakan sifat ilustrasi yang lebih hidup, sedangkan sifat fotografi hanya berusaha untuk “merekam” momen sesaat saja.

Eh ya.. mau tahu beberapa Ilustrator yang karyanya ajhib. Postingan disini juga patut disimak lho...

Semoga bermanfaat.... 

THINK 5887658360933516639

Post a Comment

  1. Tepat sekali mas, aku sbg orang awam juga berpandangan, sebuah Ilustrasi lebih dapat bercerita banyak dibandingkan dengan fotografi, mungkin dikarenakan ilustrasi umumnya menyampaikan intisari dari sebuah pesan yg ingin disampaikan ke audience...bener nggak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotografi bisa juga sebagai ilustrasi. bisa diaplikasikan dalam penggambaran visual teks namun memakai tool yang beda :)

      Delete
    2. No komen ah.
      aq nggak paham ART mas bro :D

      Delete
  2. mas anton, fotografi itu juga bisa sebagai ilustrasi. ilustrasi bukan selalu gambaran tangan abstrak. gambar untuk merepresentasikan tulisan itu namanya ilustrasi. misal mas whiz nulis tentang anak laut yg hebat, maka ilustrainya bisa berupa foto anak nelayan yg sedang mencari ikan.. hehehe..

    ReplyDelete
  3. gmn caranya mengembangkan ilustrasi mz?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu waktu masih pemula sering browsing inspirasi dari net, kemudaian combining beberapa ilustrasi secara kontinyu akhirnya bisa menemukan style sendiri :)

      Delete
  4. dalam kenyataannya ilustrasi merupakan langkah awal seseorang dalam mengembangkan aspek imajinasi tingkat tinggi yang mana bisa di manfaatkan seseorang dalam mengasah otak kanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. koordinasi antara teks dan visual semakin berarti dalam ilustrasi :)

      Delete
  5. enak ya kalau bisa bikin ilustrasi sendiri.. jadi bisa bikin blog tambah unik.. saya setuju mas dengan paparannya :) thanks

    ReplyDelete
  6. Betul sekali ! ada juga mas bro ilustrasi yang bikin kita bertanya tanya, bukannya mempermudah kita dalam memahami naskah malah kita dibikin pusing, ilustrasi apakah itu? ilustrasi cerpen di suara merdeka setiap hari minggu ... tau kan? hahaha ..

    Ilustrasi yang ada di cerpen suara merdeka itu menurut saya untuk "menarik perhatian" saja agar pembaca membaca naskah cerpen tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayangkan kalo koran ndak ada ilustrsi, atau gmabar penjelas bikin bosen :)

      Delete
  7. Sejak awal ngeblog, saya berkeinginan setiap postingan saya bikin ilustrasi singkat dari goresan tangan sebagai gambaran dari tulisan yang saya buat. Ternyata membuat ilustrasi yang mampu bercerita ternyata bukan perkara yang gampang. Jadi keinginan itu tinggal dipikiran saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah disqus-nya dilepas nih Mas Wijaya?

      Delete
    2. Ilustrasi Pak Kies banyak pake foto yak ...:)

      Delete
  8. mbok aku di buatin semacam papan nama buat noofa gitu , mas.. hehe..

    ReplyDelete
  9. yang buat iklan itu yang banyak memperkuat, kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalao di komunikasi visual memang media itu hal wajib mas :)

      Delete
  10. Kayak.x mag gaka ada ato susah skarang nemuin buku yg gak ada ilustrasinya sama sekali..

    Tapi ilustrasi itu gak terbatas pada goresan tangan ternyata yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. yak bener mas. Media apapun bisa digunakan sebagai komunikasi mas

      Delete
  11. Tulisanku jelek, nggambar apalagi, tapi bisalah klo motret, dengan keterangan secukupnya :))

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item
FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email

DO WHIZ IT!