1775064462
Loading...

THE MAGIC OF BLENDER 3D MODELLING

Akhirnya buku tentang desain karya Pak Hendi Hendratman datang juga. Kira-kira sebulan yang lalu, buku tebal dan besar ini isinya full dangan tutorial. Beda dengan buku-buku desain yang pernah saya temui di toko buku, yang isinya hanya pengenalan software tools dan sedikit tutorialnya.

software 3d design free download 3d design software free download full version 3d home design software 3d interior design software 3d design software list 3d design software for 3d printer best 3d design software matrix 3d design software free download List of 3D Software Best 3D Printing Software Tools 3D Modeling Applications Most Popular 3D Modeling & Design Software for 3D Printing 3D Printing Design & Modeling Software  SketchUp: 3D Create 3D digital designs with online CAD 3D Design Software Buku 3D Studio Max Cara Membuat desain buku 3D desain buku kenangan desain buku menu desain buku saku desain buku notes desain buku kenangan sekolah desain buku yasin desain buku diary desain buku unik

Bagi saya yang penikmat buku, membuat sebuah karya buku tutorial desain itu tidak mudah. Selain harus mengerti software tools, mempersiapkan project yang dibahas, serta punya skill tentang dasar desain. Penulis harus benar-benar paham akan kebutuhan pembaca plus skill menulis yang keren. 

Kesemuanya itu terangkum oleh karya Pak Hendi di buku-bukunya yang bisa kamu beli di hendihen.com. Kamu juga bisa belajar software lainya, ada Photoshop, After Effect, Premier Pro, Director MX, Corel Draw, 3Ds Max. Buku-buku tadi sudah mejeng di rak buku saya. Kesemuanya isinya asik untuk dipelajari.

BELAJAR 3D DESAIN DENGAN BLENDER
Terakhir mempelajari desain 3D, saya memakai 3D Studio Max. Karena pertama kali mengenal software 3D itu 3Ds Max, jadi ketika mempelajari Blender saya membutuhkan adaptasi dalam pengenalan tools. Namun secara garis besar cara kerja softwarenya hampir sama.

Baca Juga: Buku Keren 3D Studio Max

Blender adalah software gratisan, jadi bisa kamu download di internet. Seperti software 3D lainya, kita bisa mempelajari 3D Modelling, Animasi, Video Editing, bahkan game. Jangan salah ya walaupun software-nya gratis, tapi banyak profesional (animator, desain grafis, arsitek) yang menggunakanya.

Sesuai di pengantarnya buku setebal 714 halaman ini, tersedia 37 tutorial dasar, modelling dan trik. Projek yang dibahas antara lain: Logo 3D, kartun, cycler rendering, membuat tubuh manusia, wajah particle, simulasi physic air, asap dan projek menarik lainya.

Pembahasan tutorial sangat mudah diikuti oleh orang yang pertama kali mengenal blender. Jadi setiap projek yang ada dibahas sesuai alur tingkat kesulitan dari yang benar-benar basic sampai advance. Jadi secara tidak langsung kita akan mengenal tools-tools yang ada sekaligus berkarya.

Baca Juga: Software Para Desainer Grafis
 
Bagi yang masih belajar Blender pertama kali, interface-nya agak cukup membingungkan, apalagi saya yang bertahun-tahun belajar 3D Studio Max. Namun setelah membaca (at glance) buku ini serasa tertantang untuk mempelajarinya. Seperti biasa sih... buku-buku Pak Hendi selalu mudah untuk dipraktekan.

Oiya... buku gede ini juga ada bonus CD interactive-nya, berisikan video turorial, software Blander, video sculpting dan video animasi yang dibuat di Blender. Dan tambahan lagi bonus tutorial pembuatn desain "WITCH" dari cover buku ini. 

Kelihatanya sih rumit, tapi kalau belajar 3D desain dari tutorial buku ini akan terasa lebih cepat, hemat dan mengasyikan.
Coba deh. Apalagi software-nya GRATIS! 
Asyiiik...
BOOK REVIEW 5745361841420317574

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

DON'T MISS IT

FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email 100% GRATIS