1775064462
Loading...

MENGENAL SOFTWARE PARA DESAINER GRAFIS

Seperti ilmu-ilmu yang lain, desain juga mempunyai perihal pencapaian yang tidak bisa dikatakan instan. Perlu adanya perjuangan dan ketekunan untuk mencapai puncak. Sebisa mungkin pencapaian itu tidak bisa membuat kita menjadi jumawa. 

Bidang desain sendiri menuruti keinginan zaman. Masuklah desain bagian dari sebuah problem solving.

desain grafis adalah, desain grafis aplikasi, desain grafis artikel, desain grafis berbasis bitmap adalah, desain grafis berbasis vektor, desain grafis berbasis vektor dan contohnya, desain grafis cdr, desain grafis corel draw, desain grafis corel draw x4, desain grafis corel draw x7, desain grafis dan multimedia, desain grafis dengan photoshop, desainer grafis, desainer grafis adalah, desainer grafis freelance, desainer grafis indonesia, desainer grafis online, desainer grafis otodidak, desainer grafis sukses, desainer grafis terkenal,

Dulu waktu ingin belajar desain, saya benar-benar kesulitan dalam menentukan software apa yang dipakai. Maklumlah tahun 2010-an dulu internet belum semudah sekarang. Keinginan untuk kursus terhalang dengan minimnya dana. Solusinya ya baca buku gratisan di Gramedia.

Baca Juga: Designer As Marketer


Untuk teman-teman yang ingin bergerak di dunia desain grafis, berikut beberapa bagian dari desain dan software yang memudahkan dalam proses berkarya.
 

1) Digital Imaging ( Adobe Photoshop)
Program ini mempelajari teknik memperbaiki hasil foto secara digital, menggabungkan beberapa gambar dan foto yang berbeda serta membuat efek foto yang kreatif. Contoh: Photo Pre Wedding, Retouching Photography komersial. Penguasaan program ini bisa bekerja secara profesional di wedding photography, studio foto, advertising agency.

2) Graphic Design (Corel Draw, Illustrator, In Design)
Software ini dalam penggunaanya relatif lebih mudah, yang biasa dipelajari adalah dasar-dasar dan teknik layout design berbagai media promo seperti brosur, poster, maupun katalog.

Ilustrator merupakan software berbasis vektor selain Corel Draw. Sedangkan InDesign merupakan software untuk memudahkan dalam merancang Lay Out majalah, bulletin, maupun Koran.

Baca Juga: Whizisme itu Jasa Pembuat Desain Logo ya?

Penguasaan program ini dipersiapkan bagi mereka untuk bekerja secara professional pada agensi periklanan dan berbagai industri yang melibatkan kreatifitas desain.

3) Web Design (Dreamweaver, Flash & Photoshop)
Software ini biasa digunakan untuk merancang situs sangat cocok untuk kamu yang suka otak-atik website. Dengan menguasai Dreamweaver dalam membuat webstatis, serta fungsi interaktif, ditunjang dengan Fireworks dan Flash sebagai elemen navigasi animasi, dapat menjadikan kamu seorang Geek di dunia Web Design.

4) Digital Video (Premier Pro & After Effects)
Software ini memudahkan dalam teknis cara penyuntingan video hasil shooting. Dengan sedikit tambahan pengetahuan tentang efek-efek visual, motiongraphic akan menjadikan kita sebagai editor, broadcast house agency, periklanan, wedding organizer maupun seorang crew televisi.

5) 2D Animation (Adobe flash)
Software ini mempelajari penerapan dasar-dasar animasi 2D dengan menggunakan Adobe Flash yang merupakan software standar animasi dan web design. Hasil dari animasinya masih berupa gamabar vector dan masih sederhana, Untuk membuatnya diharuskan membuat beberapa gambar sesuai dengan gerakan aktor.

6) 3D Animation (3Ds Max, Blender, Maya, Sketchup)
Film animasi sekarang biasa menggunkan software ini dalam pembuatan karakter, bangunan dan animasinya. Dikarenakan hasil gambarnya yang real dari bentuk maupun ukuran obyek. Sehingga meminimalkan budget dalam pembuatan film maupun proyek arsitektur.

7) Building Interactive Media (2D & 3D Autocad/ Archicad)
Pemahaman rancang bangun sebuah gedung dengan menggunakan Autocad dan 3D serta proses rendering dengan menggunakan 3Ds Max ataupun Archicad membuat orang yang bergelut di bidang ini  mampu untuk menyajikan gambar proyek secara 2D maupun 3D animasi interaktif. 


Baca Juga: Desain Grafis Sebagai Alat Visual Marketing
 
Semua software yang saya sebutkan tadi tidak wajib dipelajari semua, pilihlah bidang yang ingin kamu kuasai dalam membuat portofolio karya. Pelajari dan temukan citra yang pas dalam berkarir di bidang desain grafis.

Find your Passion!

CREATIVITY 4383352816727233812

Post a Comment

  1. Makasih mas infonya. Kalo aku pengin banget mempelajari photosop biar kayak agus mulyadi. :v

    ReplyDelete
  2. Gambar2 dari masing2 aplikasinya ditampilin dong bos ane newbie nih gan,,, ya gan ok gan,,,,

    ReplyDelete
  3. aku cuma iso corel tok karo sitik sitik fotoshop kangge keperluan dunia modelingku. Hahaha..

    ReplyDelete
  4. Wah, keren gan. kalo ilustrator blum begitu master juga sich, masih belajar . .
    wah ternyata mas ndop disini juga

    ReplyDelete
  5. Waaah menarik mas, hemm software yg susah dipelajari, hanya bisa dikit photosop saja sih

    ReplyDelete
  6. Softwarenya banyak tahu, tapi baru beberapa software yang suka dipakai.
    Makasih informasinya om~ :D

    ReplyDelete
  7. kalau saya pakai yg gratisan kaya GIMP, Inkscape, MyPaint, dan sejenisnya. Belum kuat beli softwarenya euy :D

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item
FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email

DO WHIZ IT!