1775064462
Loading...

3D ANIMASI BENDUNGAN LOGUNG KUDUS

Bulan Januari tahun lalu Whizisme mendapatkan project untuk membuat 3D visualisasi Bendungan Logung Kudus dari BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana). BBWS merupakan badan otonom dibawah Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. 

3D Animasi Bendungan Logung oleh BPWS Pemali Juana
3D visualisasi Bendungan Logung-Kudus

Seperti namanya yang panjang BBWS Pemali Juana merupakan badan yang mengkoordinasi pola dan rencana pengelolaan sumber daya air pada wilayah sungai Pemali-Juana. Info lebih lengkap bisa dicek di Web BBWS Pemali Juana

Keberadaan waduk yang berada di Jawa tengah adalah hasil karya dari BPWS Pemali-Juana. Beberapa diantaranya adalah Waduk Lodan (Rembang), Waduk Cacaban (Tegal), Waduk Jatibarang (Semarang), Waduk Panohan (Rembang), Waduk Rondo Kuning (Blora), Waduk Sanggeh (Grobogan).

Nah, yang terbaru adalah pembangunan Waduk Logung yang berada di Kabupaten Kudus. Tepatnya terletak di hilir pertemuan Sungai Logung dengan Sungai Gajah Dukuh Slalang, Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo.

Pada waktu musim penghujan Kabupaten Kudus sering mengalami bencana banjir. Saya pun pernah mengalami banjir sewaktu pulang kuliah dari Semarang ke Rembang melintasi sepanjang jalanan Kudus.

Baca Juga: 3D Booth Exhibition Larissa Semarang

Ternyata banjir tersebut akibat dari melupanya Sungai Juana dan Sungai Logung (anak sungai Juana). Kota Kudus yang terletak di bawah kaki Gunung Muria tak pelak mendapatkan limpahan air. Tetapi anehnya pada musim kemarau pun terjadi kekeringan. 

Kemungkinan besar terjadinya banjir dan kekeringan adalah kurang manajemen pengelolaan air di daerah.  Maka dari itu Pemerintah melakukan kegiatan studi dan perencanaan pada tahun 1986 dengan membuat Bendungan Logung. 

Namun mulai pembangunan Bendungan Logung dimulai pada tahun 2014 selaku pelaksana kegiatan adalah BBWS Pemali Juana. Cukup lama juga jarak tahun pelaksanaanya ya?

PROSES PEMBUATAN 3D VISUALISASI BENDUNGAN LOGUNG
Pembuatan 3D visualnya tergolong singkat. Tim hanya membutuhkan waktu seminggu untuk membuatnya. Kurang lebih 2 hari kami membicarakan brief. Dalam proses digitalnya (modelling-rendering) hanya butuh waktu optimal 3 hari selebihnya adalah waktu buat mikir.

Dari lembar kerja dan obrolan pihak BBWS yang asik, saya harus memberanikan diri menerima project ini. Jujur saja saya agak grogi membuatnya, karena baru pertama kali membuat visualisasi bendungan dengan luas wilayah berhektar-hektar.

Untungnya pengarahan dari Pak Dodhy yang hobi bersepeda ini membuat proses visualisasi lancar. Apalagi diberikan contoh visualisasi project dari pembangunan waduk sebelumnya yaitu Waduk Jatibarang.

Baca Juga: Designer As Marketer
 
Sewaktu datang ke kantor BBWS di Jl. Brigjen S.Soediarto No.375 Semarang banyak para engineer dari Jepang. Para ahli kemungkinan besar membantu perencanaan konstruksi waduk yang akan dibangun. 

Rencana waktu itu visualisasi yang dibuat hanya untuk preview kepada Jokowi saat peresmian dimulainya pembangunan waduk. Namun saya cek di media online, Jokowi berhalangan hadir. 

Berikut video 3D Visualisasi Bendungan Logung Kudus. Enjoy!



Fokus dalam mengaktualisasikan visi kreatif brand kustomer adalah Goal dari WHIZIME.
Jika Anda tertarik dengan layanan kami, feel free untuk menghubungi langsung melalui contact atau email di whizisme@gmail.com
SLIDER 3592299238787616505

Post a Comment

  1. Wah, asyik ya. Karena suka gambar, animasi bisa bikin hal yg spektakuler :)
    Salam kenal jugak ya Mas :)
    Saya sering ke Juwana lho. Rembangnya mana?

    ReplyDelete
  2. Wah keren tuh, sukses terus maz whiz.

    ReplyDelete
  3. astaga, keren banget mas! *cium tangan ke senior*
    salam kenal ya mas Whiz, saya bakal belajar banyak nih dari mas Whiz~ :D

    ReplyDelete
  4. keren mas, gini kalau boleh tahu harga untuk pembuatan 1 projek sekitar berapa mas? dan mas bisa desain logo jugakah?

    ReplyDelete
  5. keren pak.. semoga semakin sukses..

    ReplyDelete
  6. wihh kaya nonton filn iron man... 3D nya okehh..

    ReplyDelete
  7. Keren banget mas! selalu suka dengan desain2mu

    ReplyDelete
  8. wah bagus dan keren animasinya... buat seperti itu pakai aplikasi apa ya?
    thanks untuk sharenya

    ReplyDelete
  9. Wih.. Mantap jiwa mas Whiz.. Btw bikinnya pakai blender apa pakai max nih mas?

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

DON'T MISS IT

FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email 100% GRATIS