1775064462
Loading...

KREATIFITAS MUNCUL DARI MEMBACA (BUKU)

Sebelum saya lanjutkan ngalor-ngidul membahas tentang buku, ada satu perntanyaan yang harus dijawab, kenapa harus mempertahankan buku (fisik) di tengah maraknya jagad internet jaman sekarang. Apa tidak takut buku kehilangan pamornya?

Membaca buku, buku, book, book lover, manfaat membaca menurut para ahli apa tujuan membaca kelebihan membaca buku manfaat membaca bagi siswa manfaat membaca buku artikel pentingnya membaca buku manfaat membaca buku menurut islam pengertian membaca buku
Happy reading by Premium Shutterstock edit by whizisme (Design & Creativity)

Sebenaranya buku dan e-book mempunyai kans dan fungsi tersendiri. E-book yang merupakan turunan atau copy version dari buku asli sangat cocok dibaca dalam kondisi mobile dan at glance. Terlihat praktis juga sih, namun keterbatasan baterai gadget akan membuat membaca buku tidak santai.

So, buku punya sense sendiri. Contohnya bau, rasa buku yang memang khas dan tidak bisa digantikan e-book. Bentuk buku secara visual enak dipandang . Sudah umum kalau orang yang membawa buku kelihatan manteb banget, yang jelas buku sangat precious kalau ditenteng. Look Smart.

Baca Juga: The Book That Can't Wait

Kalau saya sendiri suka mengumpulkan buku. Kadang membacanya langsung sampai tuntas ataupun menyicil. Entah kenapa harga buku bagi saya itu kelihatan lebih murah dari sebuah merek pakaian. Pokoknya kalau ada buku menarik, langsung saja diembat tanpa pikir panjang. 

Sebenarnya senang tidaknya seseorang dalam membaca itu hanyalah pada kebiasaan saja. Sedikit demi sedikit membaca, kemudian akan bertambah kegemaran dan melatih kreatifitas kita. Kalau belum apa-apa kita sudah bilang tidak mungkin, pada akhirnya kita hanya melakukan yang biasa-biasa saja. 

Boleh dikatakan ini possible bagi semua orang. Saya juga dulu sangat malas dalam membaca, bahkan membawa buku. Ya karena berlatih membiasakan dan selalu berpikir possibility itulah langkah selanjutnya akan terbuka. Jadilah sampai saat ini enteng saja kalau membaca.

Membaca buku, buku, book, book lover, sejarah buku google buku buku gratis buku mimpi buku online pengertian buku buku wikipedia buku
Bukunya masih dikit. Semoga bisa membangun Private Library

Supaya Membaca Menyenangkan
Nah...kali ini saya share supaya membaca itu menjadi asyik. Sebenarnya sih ini bukan tips and trick, hanya cara yang saya lakukan selama ini. Coba deh mungkin berkhasiat.
  • Cari tempat yang nyaman. Bayangkan ya kalau membaca itu dialihkan sebagai acara rekreasi, sangat asyik bukan?. Saya biasanya memilih mencari-cari buku di toko buku yang nyaman, sekelas Gramedia. Bisa juga di tempat yang lain pokoknya dibikin enjoy saja, lalu sediakan waktu dan tempat itu menjadi milikmu. Keren-nya sih sediakan Me Time buat baca buku.
  • Tambah halaman buku setiap membaca. Namanya juga latihan, ndak keren kan kalau ndak ada peningkatan. Sehari ini baca 2 halaman, besok 4 halaman dan seterusnya. Secara tidak langsung akan habis juga deh halaman buku.
  • Gabung di komunitas pecinta buku. Kalau sudah bergabung dengan yang orang-orang yang berhobi sama itu akan enak sekali obrolanya, waktu seolah-olah ndak ada habisnya. Di komunitas kita dimudahkan mendapat akses info tentang buku serta juga mendapatkan energi yang lebih, karena saling support.
  • Pinjam buku teman. Ndak ada uang untuk beli buku? ya nabung dong kalau ndak ya pinjem. Jadi mudah mengatur skala prioritas mau beli buku yanga mana. Sempat juga saya 2 minggu sekali pinjem di Perpustakaan daerah.
  • Review buku di sosmed. Me-review buku sebenarnya ndak harus menulis panjang sih, twitpict lau sedikit diberi keterangan itu juga termasuk review kok. Dengan me-review paling tidak kita bisa meringkas apa yang telah dibaca. Efeknya juga kita lebih ingat inti sarinya. Tentunya kita juga bisa saling berbagi pengetahun baru kepada teman lain yang belum membaca.
manfaat membaca menurut para ahli apa tujuan membaca kelebihan membaca buku manfaat membaca bagi siswa manfaat membaca buku artikel pentingnya membaca buku manfaat membaca buku menurut islam pengertian membaca buku
Buku baru sepulang dari Kopdar Blogger Nusantara 2013

Yah, kira-kira begitu pengalaman saya supaya terbiasa dalam membaca. Latihan dan latihan, lama kelamaan juga mendapatkan keasyikan tersendiri. Jangan lupa baca buku yang sesuai keinginan kamu. Jangan baca semua tema. Otak kita terbatas. Kecuali kamu memang penulis yang butuh riset berbagai macam topik.

Baca Juga: Brand Gardener

So, kira-kira kamu punya pengalaman dalam menumbuhkan minat baca?
Share dong...

INSPIRATION 791417354681291695

Post a Comment

  1. Dan poin pertama lah yang sedang saya gemari sekarang, Perpustakaan disekolah saya ber-AC jadi tambah nyaman baca bukunya.. :)

    ReplyDelete
  2. wah saya pengen baca buku yang itu loh mas 101 crative :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bukunya Yoris memanga asik dibaca. Nambah ide dan kreatifitas.
      Semoga bs baca bukunya yak...

      Delete
  3. Review buku di socmed. itu yg aku suka. jadi kan passion baca buku terus terjaga, maklum, mas Whizz, emak-emak renpong. saya bisa baca nyaman malah kalo edisi jalan-jalan di taman/pantai. anak2 dijaga suami yg hafal kebiasaan saya gendong buku kalo rekreasi keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah asyik nih Mbak Susi...btw di BN2013 kemarin bawa jugak ya mbak?...

      Delete
    2. Nggak bawa to.. niatnya mo ngumpul2 ya bawa yg simple. 2 hp jadul aja. yg satu khusus nelpon, yg satu khusus tuk online.

      Delete
    3. Wehehe...kalo saya tetep bawa tapi ndak terbaca mbak. Haha podo waenya mbak...

      Delete
  4. "Entah kenapa ya..harga buku bagi saya itu kelihatan lebih murah dari sebuah brand pakaian. " ini #jleb banget mas. Pernah galau pilih buku atau barang fashion, tapi akhirnya ngeyakinin kalo yang disampaikan di buku juga banyak di internet hehehe. Tapi emang kalo sudah hobi baca buku rasanya berat sekali ninggalinnya :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo sekilas memang info dari buku ada di internet, ya itu gegara ada yang nge-review. Kembali deh ke tips terakhir tuh :)
      Iya nih susah banget kalo ninggalin belanja buku apalagi makanan hahaha..
      Gembul lagi deh gw..

      Delete
  5. Aku tau download novel raditya dika di iPad, dan sampai sekarang gak tak woco. Mungkin gara2 e book kali ya. Mata kita hanya betah konsen dalam waktu tertentu. Buku di e book gak sedinamis status2 facebook atau timeline. jadi ya.. mem.. bo.. san.. kan.

    Makanya ada juga toh blog yg dibukukan. Yang ternyata laris juga. Padahal kalo dipikir2, kenapa gak baca blognya aja? Nah itu kehebatan buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya selera masing-masing yak. Aku sering download cuman majalah, kalo buku belum pernah...
      Yang penting giat membaca dan ngerti bacaanya apalagi di share keren banget tuh...

      Delete
    2. pengalamanku setelah download e book pasti lupa mau bacanya, karena baca ebook harus buka laptop > connect internet > browsing kmna2 > jadi males mau baca ebook yang udah di download tadi

      Delete
    3. Saya tetep punya energi lebih kalau baca buku (fisik) aroma dan wah..pokoknya asik abis gitu deh..

      Delete
  6. Sungguh, makasih banyak ya mas share soal membaca buku ini, membuat saya semakin keranjingan neh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti Pak Azzet juga banyak buku Islamnya. Pak Azzet kan penulis hehe..

      Delete
  7. Kalo aku lebih suka beli buku nyata daripada e-book mas hehe kesannya lebih gimanaaa gitu kalo beli aslinya.
    Lagian kalo beli buku kan bisa sekalian pamer menuh-menuhin rak buku *uhuk* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..berarti sama ya anggi...Rak bukuku juga belum penuh nih.
      Malu pamer tapi masih dikit bukunya :)

      Delete
  8. Pantesan ideku jarang nongol, soalnya jarang baca buku sih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah lu kan juga buku (gede) berjalan Met ..hahaha

      Delete
  9. iya bener banget bahwa membaca buku mempunayi banyak mafaat, salah satunya adalah bisa membuahkan sebuah kreativitas :)

    ReplyDelete
  10. aku paling suka tuh baca buku.. mbaca buku hariannya orang *langsung ditimpuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo itu bener-bener sukanya emak-emak mbak hihi

      Delete
  11. Aku kok kehilangan nafsu membaca ya mas whiz, padahal dulu sampe SMP masih suka banget baca buku (novel, majalah, termasuk komik yg notabennya inilah yg bikin aku suka gambar, aku pun msih heran sampe sekarang), terakhir baca buku yg bener2 gettu bianget iku baca harry potter, hhhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mik dimulai baca buku lagi... Dulu say juga kayak kamu, tapi lama-kelamaan jadi addict banget sama buku :)

      Delete
  12. aku kalo pas baca bukunya nggak selesae sampe berminggu2 ujung2nya gak khatam, trus udah pengen buku baru lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe butuh fulus banyak juga kalo gitu yak...
      Minimal buku yg aku beli biasanya 59 ribuan :)

      Delete
  13. kalok saya smp baca buku perpus langsung selesai sehari,
    sekarang enggak hahaha...
    postinganya keren mas whiz

    ReplyDelete
  14. Sampai kapanpun buku akan selalu mendapat hati bagi pembaca. Ada juga e-book yang diformat dalam bentuk buku juga khan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yak bener ada juga mas. Kalo aku masih sneng baca buku aseli :)

      Delete
  15. Setuju banget mas. Buku itu yummy banget xixi
    Btw, ngiri betul dah ada rak khusus buat buku. Kalau saya masih berantakan mas, entah dimana buku-buku itu. Ok deh nanti mulai saya rapiin :)
    Hidup buku!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mas Darin ini Book Holic jg pasti bukunya buanyak.nih :)

      Delete
  16. aku kalau baca ebook belum nyaman, masih enak baca buku langsung deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti sama dong...rasanya seger2 giman gituh hihi

      Delete
  17. Wis urip meneh yess...
    Gak pake password buat masuknya... :)

    ReplyDelete
  18. dari dulu saya senang sama buku.. dan kini pun masih aktif dikeanggotaan perpustakaan kota cirebon. waktu ada bazaar buku langsung borong dan masih seneng nongkrong di gramedia.. yuk baca..

    ReplyDelete
  19. Pantesan dirimu banyak idenya mas, salut dah.

    ReplyDelete
  20. paling enak baca buku sendirian, biar bisa mendalami . . . tidurnya . .

    ReplyDelete
  21. sarannya bagus banget... terima kasih sharingnya mas

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

DON'T MISS IT

FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email 100% GRATIS