1775064462
Loading...

PEMBAJAKAN DESAIN KAOS DI SEPANJANG MALIOBORO

Saya teringat tulisan Jonathan Lethern: "Sembilan dari sepuluh orang yang menyebut sesuatu orisinil, biasanya tidak tau rujukan sumber dari sumbernya".

Sebagai visualizer, melihat karya desain di berbagai penjuru nusantara bahkan dunia pasti ada beberapa yang dijadikan rujukan dalam berkarya. Yes, inspirasi. Dari sumber inspirasi inilah kemudian dikembangkan lagi dengan style para desainer, sehingga tercipta karya baru. 

Jadi original bagi sebagian orang menganggapnya hampir tidak ada. Tak ada yang baru di dunia ini, benar kan?

desain kaos damn i love indonesia bajakan, kaos bajakan, desain kaos bajakan, desain kaos online, cara desain kaos, contoh desain kaos, sablon kaos, desain kaos olahraga, desain pakaian, desain fashion, baju kaos

Kalau terkait dengan pembajakan gimana dong?
Kali ini saya akan membahas tentang desain saya yang dibajak di sepanjang Malioboro, Jogjakarta. 

Kalau melihat pertama kali desain dibajak tanpa ijin rasannya benar-benar dongkol. Tapi lama kelamaan kok menjadi ikhlas, dalam artian sudah terlanjur diperbanyak. Kemungkinan untung si pembajak sudah puluhan juta, melampaui harga desainnya :)

Baca Juga: Membuat Mockup T-Shirt

Jadi begini, hampir dua tahun yang lalu saya dan teman-teman Blogger Rembang sedang jalan-jalan dari Malioboro hingga sampai Nol Kilometer Jogja. Kala itu kami berempat selesai mengikuti acara Blogger Nusantara.

Di tengah keramaian dunia belanja Malioboro, saya melihat ada desain saya terpampang di kaos yang dijual di Malioboro. Desainnya mirip, hanya diganti kata-katanya saja. Walhasil sepanjang Malioboro berjejer kaos hasil bajakan dengan harga yang murah meriah.

Kenapa kok baru dicurhatkan, kan sudah lama?

Sebenarnya saya sudah tidak menghiraukan lagi. Namanya juga hasil karya pribadi, ya kadang-kadang hasrat dongkol itu muncul lagi. Supaya tidak terlalu berlarut, saya alihkan saja dalam posting blog ini. Lumayanlah bisa menjadi referensi pembaca.

desain kaos online, cara desain kaos, contoh desain kaos, sablon kaos, desain kaos olahraga, desain pakaian, desain fashion, baju kaos

Awalnya saya diberitahu di salah satu Fans PageFacebook yang berisi upload-an tentang segala jenis pembajakan kaos. Ternyata ada desain kaos saya yang mengundang banyak pertanyaan member. Karena desainnya ada tulisan Damn! I Love Indonesia, anggapan kaos ini adalah bajakan dari merek kaos yang digawangi Daniel Mananta.

Jadi yang menjiplak siapa sih?
Sebenarnya kaos yang ada di posting ini adalah kaos yang saya ikut sertakan di kontes desain kaos online yang diadakan oleh Damn!I Love Indonesia. 

Setelah dirasa fix desainnya, lalu saya submit untuk diikutsertakan di lomba itu. Saya sering pamer desain yang sudah jadi untuk portfolio serta sebagai momentum keberhasilan telah menyelesaikan desain, biasanya saya posting di blog atau di share di sosial media.

Baca Juga: Submit Desain T-Shirt Damn I Love Indonesia

Karena timingnya pas dan beberapa keyword pencarian Damn I Love Indonesia merujuk ke blog saya, walhasil artikelnya jadi nge-buzz dipencarian Google. Beberapa artikelnya pun di reposting oleh blog lain. Dari situlah kemungkinan para oknum memanfaatkan desain saya untuk dicetak di kaos dengan mengganti tulisannya menjadi Damn! I Love Jogjakarta.

Penyebaran kaos bajakan ini sangat masif. Beberapa teman yang share di twitter. Ada juga yang dijual di Kaskus, Bukalapak dan banyak toko online lainnya.

desain kaos online, cara desain kaos, contoh desain kaos, sablon kaos, desain kaos olahraga, desain pakaian, desain fashion, baju kaos

Andai saja desain itu saya jadikan kaos, kemudian dijual di Malioboro, mungkin juga laku banyak ya? Etapi, rizki tak akan kemana, Alhamdulillah desain tadi saya rombak sedikit lalu saya jual online, ternyata banyak peminatnya tanpa harus dicetak di kaos. 

Baca Juga: Transformasi Custom T-shirt Masa Kini

Bagi kamu yang menampilkan portfolio desain, dari desain kaos maupun desain yang lain di weblog, siap-siap saja ide-ide kita akan digunakan atau dicampur dengan ide lain. Hal ini sudah lumrah terjadi. Karena memang internet kini dijadikan lahan inspirasi visual.

Untuk kasus pelaporan dan proteksi ke hukum, sangat anggap agak muspro. Seandainya saja saya harus membuat HAKI di setiap desain saya tentunya menghabiskan banyak biaya dan tenaga.


Sampai saat ini saya hanya menggunakan sangsi moral saja. Semoga menjadi pembelajaran saya dan pembajak untuk selalu menghargai hasil karya orang lain. Dari pembajakan tadi, saya jadi tau juga bahwa desain-desain saya diminati olah banyak orang.

Jadi teringat pesan "Desain yang sudah dibajak, berarti desian itu keren!"
Saya jadi senyum-senyum dan lanjut berkarya lagi.

Images by Premium Shutterstock, Kaskus, Dzofar Tweet

 
ARTWORK STORIES 7819567113659949179

Post a Comment

  1. Klo sudah dibajak berarti sudah keren kak, seperti posting blog yang di copy paste namun internal link nya di off kan itu ya banyaaaak... klo copy paste internal link masih mah, kita bantu ping di google malah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaka Suke memang selalu juwara..
      Ya kak...itu di postingnya ndak ada rujukan link, eh... malah saat pencarian google yg muncul punya mereka :D

      Delete
  2. Pertama-tama WPAPku dicetak ndik mol guwedhe kae rasane yo "lorone ndik kene" mas.. Trus suwe suwe semakin ndladrah, mosok fotoku sing perubahan dari kuru menjadi lemu dadakno dicolong iklan penggemuk badan. HAHAHA.

    Tapi gak popo wis. Khan semakin dicolong, maka makin ngehits. So.. lorone ndik kene, tapi ngehitse ndik mana mana. haha :clap:

    Nek wong luar negeri roto2 seportip. Dee mesti njaluk izin disik. Bahkan berita terbaru dari akyuuh, kemarin sampe tandatangan kontrak bisnis karo wong Austria, dee dodolan kartu nama dengan design WPAP akyuuuuh (dan tentunya dengan seniman lainnya di seluruh dunia). Beuh bangga bingits!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah .... asik...semoga lancar rizkinya selalu

      Delete
  3. Ikhlasin dan belajar aja dari pengalaman mas. Insya Allah rezeki lain akan mengalir lebih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah iya ms...Goiq
      Semoga sukses selalu dan selalu ditunggu buku ttg hotelnya... :D

      Delete
  4. hmmm...gitu ya mas. jadi sebenarnya yang dikenal itu desain siapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhaps...disangka kaos produksi DAMN! I Love Indonesia kali mas...

      Delete
  5. Berarti Bikinan mas Whizisme laku dipasaran... jadi ya banyak dibajaknya... Sebagai orang yang berdomisili di Jogja, saya minta maaf atas nama Jogja... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mas...Jogja tetap istimewa dengan segala keluh kesahnya :like:

      Delete
  6. yg sabar maseeee.....pasti rejekinya ditambahin aamiin :)

    mampir2 yooo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi...Ca Ya say sudah mampir lho :smile:

      Delete
  7. Semoga karya2 sampean dan blogger2 yg lain lbh dihormati dan dihargai-spy ga asal dijiplak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Alhamdulillah karya whizisme laku :smile:

      Delete
  8. insya Allah kalo emang rezeki, ga akan kemana. doakan saja mereka yg jual dpt rezeki yg banyak & berkah, dan semoga nanti sampeyan juga kecipratan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya .... ALhamdulillah rizki lancar :smile:

      Delete
  9. Katanya pembajakan itu suatu bentuk kekaguman yang tulus, berarti pada suka dengan desainmu hihihi *rak berempati blass

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha iya Mbak Rahmi, bagaiman dgn karya2 Papillon ada yang bajak ndak?

      Delete
  10. Lebih baik karya sendiri yaa,

    ReplyDelete
  11. Kalau di jiplak, dianggap saja berarti hasil karya kita berkualitas dan keren shg menarik utk ditiru. Artinya pula, itu trigger utk memunculkan ide kreatif baru lagi. Ide adalah sumber kekayaan yang tak akan habis, bisa diperbaharui setiap saat *tips utk legowo*

    ReplyDelete
  12. Wah, berarti desainnya emang keren binggo mas sampai di copas gitu, hehehe...
    Bagus deh mas kalo udah ikhlas, ya walau emang itu gak mudah.
    Rejeki gak lari kemana kok :)

    ReplyDelete
  13. saya punya teman,anak band dia bilang saya akan senang sekali klo lagu saya sudah dinyanyikan pengamen,sedang yg satunya lgi bilang saya paling kesel klo ada pengamen nyanyiin lagu band saya tpi jdi ga enak,..jdi tergantung cara pandangnya aja yg menjadikan org ikhlas

    ReplyDelete
  14. Kalau desain sudah sampai dibajak kayak gini berarti menujunjukkan kalau kualitas karya kita sudah berkelas dan kelasnya kelas wahid..

    Moga dengan adanya kejadian ini rejekinya makin berlimpah ya mas :)

    *Dan kita mesti belajar mengikhlaskan sesuatu

    ReplyDelete
  15. yang sabar ya mas, namanya juga hasil karya seni bagus. pasti banyak yang jiplak :D

    ReplyDelete
  16. nasib karya2 yang tergolong masterpiece ya seperti itu, "resiko dari sebuah mahakarya" hehe

    ReplyDelete
  17. iyo mase,, wingi² pas aku dolan malioboro sepintas weruh kaos gambar kui,, pikiranku langsung nge-link ke mas Whiz. (dalam hati : lho ko ono kaose mas Whiz nang kene).

    mudah²an makin lancar jaya selalu mas Whiz.
    amin.

    ReplyDelete
  18. Hmm, apalagi di dunia bisnis, ya. Plagiat itu dekat banget dan pasti ada. Semoga keikhlasan dan kesabarannya diganti denganberkah yang melimpah ya Whis :) *nemu juga blog nya

    ReplyDelete
  19. Plagiat itu gimana githu..... Tetap semangat, rejeki nggak akan tertukar bro... !

    ReplyDelete
  20. Semangaaaat Maz.. Jadikan itu sebagai tantangan..

    ReplyDelete
  21. kalo sudah ditiru2 - rancangan sudah berkelas - selamat deh :D

    ReplyDelete
  22. Halo, Bang Whiz. Itu desainnya keren-keren, sayang juga ya jadi bahan jiplakan. Etapi kalo udah di jiplak gitu, tandanya desainnya hebat kan .___. Orang lain aja ampe suka. Yasudah lah ya, rezeki sudah diatur sama yang diatas. Semoga karyanya tetep get lucky ya. \:D/
    Oiya, salam kenal^^

    ReplyDelete
  23. Sama mas, saya juga pernah mengalami. Bahkan dibajak orang satu kampus dan dikomersilkan, sakitnya tuh disini. Akhirnya karena usah proteksi sering gak akur sama publikasi, saya ikhlaskan saja.
    Hikmahnya, sekarang setiap saya desain watermark saya akan sulit dihapus karena SELALU jadi bagian karya itu, kadang tersembunyi. Jadi kalau sekiranya dibajak lagi, malah ada rasa bangga karena orang lain memakai karya kita, dan tanda tangan kita ada disana :)

    ReplyDelete
  24. Rasane ingsun kok melu loro ati mas...
    Tp mw bagaimana aq doakan sja semoga rezekinya mas wijaya ditmbahin lg.. amin

    ReplyDelete
  25. Yang sabar mas, pasti ada hikmahnya nanti :)

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

DO WHIZ IT!