1775064462
Loading...

PERSONALITI BLOGMU APA?

Bagaimana rasanya dulu ketika menjadi Blogger Newbie?
Hehe... pasti banyak sekali angan-angan yang terngiang tentang blog yang akan dibangun kedepanya. Saya malahan sering memikirkan desain daripada postingnya.

Maklumlah sok-sok jadi desainer gitu...
Dan baiknya jangan ditiru ya, soalnya akan menjadi blogger yang terlalu perfeksionis, blognya menjadi kosong dan pembaca menjadi sedikit.

Money Blogging, Brand Blog, Personality Blog, blog desainer indonesia

Oiya ...kira-kira begini pikiran saya waktu itu:
Apakah blog saya nanti ramai dikunjungi?
Blog saya nanti terkesan ramah dan hangat tidak ya?
Nanti yang membaca banyakan laki-laki atau perempuan?
Lebih banyak pembaca muda atau tua?
Saya harus menyampaikan artikel seperti teman, profesional atau penulis?
Setelah ngeblog sekian lama, dapat duit tidak ya? 

Masih banyak lagi beribu pertanyaan yang kayaknya akan menjadi beban kalau dipikirkan terus.

Baca Juga: Membangun Personal Branding

Beberapa Blogger saat ngeblog ada juga yang tidak memikirkan style-nya. Dalam artian pokoknya posting artikel, baik nanti ada yang membaca ataupun tidak yang jelas artikel sudah terposting.

Saya setuju-setuju saja, namun sebenarnya ketika kita sudah memulai menjadi blogger secara tidak langsung apa yang dilakukan (menulis blog) merupakan record dari kepribadian kita.

Walaupun tidak sesering posting tentang keseharian kita. Tetap roh-nya penulis itu ada dalam setiap postingan.

Seperti contoh, calon klien yang berkomentar di blog saya adalah alasan kenapa meng-hire saya untuk mendesain promo produk mereka, tentunya setelah berputar-putar membaca blog whizisme.com. 


Baca Juga: Designer As Marketer
 
Boleh dikata kalau ada ungkapan Blogger As Seller itu tepat. Blogger bisa menjual produk atau jasanya di sosial media dengan tanpa menjualnya, tetapi melalui bercerita (Story Telling).

Dengan menjad blogger, pastinya banyak yang dapat dikomunikasikan daripada hanya dengan percakapan secara langsung. Bisa jadi kalau kita kopdar, bahan pembicaraan malahan banyak berasal dari posting kita lho.

Personaliti Blog dan Merek
Posting artikel itu penting banget, karena seluruh kepribadian penulis terekam dengan baik disitu. Blog apapun bentuknya sebenarnya hampir sama, posting artikel-lah yang menentukan pesona blog tersebut.

Setelah konsisten dengan isinya, biasanya sudah mulai tercium blog ini pantas disebut blog yang bagaimana?. Apakah benar blog ini sesuai dengan klaim posting kita.

So... sudah pantas kalau disebut Blog yang Branded. Berbeda dengan blog abal-abal yang hanya ingin mengeruk dollar adsense, namun isinya kopian, kadang menjebak, bahkan menipu artikelnya.

Kebutuhan navigasi di blog ternyata penting juga ya. Aplagi sekarang sudah jamanya mobile friendly. Diusahakan pembaca mudah dan sesederhana mendapatkan apa yang mereka inginkan di blog kita.

Warna juga menambah gairah dan persona di blog. Kalau saya memilih hijau karena keseringan netizen berselancar menjadikan jenuh mata. Nah hijau adalah solusi warna penyegar dari warna-warna lain.


Baca Juga: Persepsi Warna dalam Brand
 
Ungkapan Mata Ijo menjadikan semangat lagi untuk mengumpulkan fulus ...hehe. Dengan warna emosi menjadi kuat dan pesan pun jadi sampai ke audience.

Pastinya ketika membangun awal sebuah blog, semua sudah terpikirkan. Bagaimanapun sedikit demi sedikit dengan apa saja yang kita sukai, lambat laun akan memperkuat personaliti blog itu.

Paling penting konsisten kali ya (saya sulit konsisten posting soalnya) haha
dan doakan saya juga selalu konsisten dan semangat untuk NgeBlog :). Akhirnya semoga saja blog kita semakin Branded!.

#SebenarnyaCurhat #JarangPosting

Image by Premium Shutterstock 
THINK 8840575638032988959

Post a Comment

  1. Blogku apa ya, mungkin isinya cuma alamat dan nomor telepon serta foto lokasi waktu pertama kali ngeblog hhh

    ReplyDelete
  2. dari dulu blog saya warnanya biru.. soalnya bikin saya betah berlama-lama dan baca artikel-artikel lama.. kalo saya betah mestinya orang lain juga betah kan yah mas..

    ReplyDelete
  3. Wah saya gak bisa baca postingannya agan secara lengkap. Soalnya gak bisa membaca lewat hp. Yang bisa membaca cuma atas sama bawah doang

    Akhirnya salam kenal dari Blogger Malang
    Ditunggu mampirnya ya :D

    ReplyDelete
  4. Mantap bahasannya, semoga tetap konsisten ya. Kalau blog Ku berkisar ttg review Dan tips yg semuanya disampaikan menggunakan bahasa personal

    ReplyDelete
  5. Bloggkuu yg penting bisa bagi informasi bukan kopian :D

    ReplyDelete
  6. Semangat ngeblog, bos. Kalo blogku isinya gado-gado. :)

    ReplyDelete
  7. Kalo blogku isinya gado-gado alias campur-campur. Baru pertama berkunjung kesini. Keren banget ternyata blognya mas bro whizisme ini. :)

    ReplyDelete
  8. buatin template, biar jadi desainer beneran :D

    ReplyDelete
  9. Biasanya sering utak atik blog, tapi semoga sekarang udah gak lagi, biar bisa mulai branding, tapi isinya masih beragam nih :D

    ReplyDelete
  10. blog saya campur sari nyoba untuk konsisten disatu tema, tapi akhirnya muter muter juga. soalnya kadang ngebosenin juga harus fokus di tema itu itu aja. nyoba buat fleksibel tapi tetep branding :D

    ini pertama saya main ke blog ini. salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  11. Yap betul mas, interfcace dan navigasi yang user friendly memudahkan pembaca & pengunjung betah berlama-lama di blog kita. Saya sendiri masih sampai sekaranng bener2 moddie-an buat nulis, Alhamdulillah sih sekarang sudah mulai konsisten buat nulis.

    salam kenal sebelumnya...

    ReplyDelete
  12. Blogmu keren kok Whiz, dari dulu aku wes salut *menjura* =)

    ReplyDelete
  13. Menjadikan blog --> branded, itu penting banget ya, Mas :)

    ReplyDelete
  14. Good point! Kalau aku sempet bertransformasi.. yang duluuu nya tentang parenting only, sekarang lebih ke diri aku sebagai emak yang doyang ngomong, doyan cerita dan doyan jalan-jalan :)

    ReplyDelete
  15. Ketika mau posting artikel baru, saya juga lebih mementingkan desainnya. Hehehe. Pengennya sih gambar sebagai konten utama, dan tulisan sebagai artikel penjelas. Dan sampai sekarang saya masih kesulitan, gimana caranya jadi desainer tapi tetep istiqomah nulis blog. Huhuhu.

    ReplyDelete
  16. Aku jual diri sih mas ndik blogku. Memperkenalkan ke dunia kalau aku adalah manusia super asyik yg bisa membantu kalian mengubah fotomu menjadi vector dengan berbagai style! hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhhh mas ndop sok asik nihhhh!!! Hhmmm, hahaha

      Delete
    2. Ahhhhh, mas ndop sok asik nih!!!!! hmmm,,, bbbbhahahahha

      Delete
  17. Kalo saya mencoba bercerita tentang kehidupan di blog mas, hehe :)

    ReplyDelete
  18. Ternyata curhat ya mas.. hihi. Ikutan. Klo saya personal, jd apapun temanya, yg penting ditulis dg hati dan perenungan kepantasan, plus tidak copas. Belajar bangga jd diri sendiri, walaupun bukan blog niche.. :)

    ReplyDelete
  19. Tentang personal branding ya. Iya sih yang penting konsisten. Nice post :D

    ReplyDelete
  20. Semoga konsisten ngeblog mas. Apapun blognya, asal dari hati, rejeki akan mengalir sendiri. Yg suka bikin blog tipu2 akan kena getahnya sendiri kok. Meski visitornya banyak kalo bounce tingginya 90% ya silahkan miris sendiri. Google lebih cerdas kok

    ReplyDelete
  21. Makin hari semakin jenuh dengan blogku :)

    ReplyDelete
  22. Makin ke sini, makin bertambah banyak postingan di blog, tapi masih belum ngerti juga blogku itu mengarah ke tema apa *sigh

    Tapi Blogger sekarang pinter bikin istilah-istilah baru, akhirnya manutlah diriku, ikut-ikutan menjelma jadi Lifestyle Blogger. Brandingnya susah. #yaiyalah XD

    ReplyDelete
  23. abg orangnya aktif, skill nya juga jelas di dunia desain, jadi blognya juga bergenre, mau dimane pun itu pasti keceh, lah sementara kite2 ini yang ndak ada skill khusus, cuma niat nulis doang... ndak akan di hire sama orang

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

DON'T MISS IT

FREE NEWSLETTER

Berlangganan Artikel Via Email 100% GRATIS